My Journey, My Story, and My Dream

December 16, 2008

Demotivasi

Filed under: Cuma mikir — ayacerita @ 3:01 pm

Demotivasi alias motivasi menurun, luntur,  atau tiba-tiba hilang sekalian, sering terjadi jika bertemu dengan suatu kondisi yg tidak diharapkan atau komentar teman yg tiba-tiba melunturkan motivasi.

Kalau bagi saya, umumnya demotivasi terjadi jika ada teman yg komentar tidak perlu dan mungkin sebenarnya tidak bertujuan menurunkan motivasi orang lain tapi tanpa disadarinya gara-gara komentar dia, hasrat orang lain yg sedang besar-besarnya tiba-tiba bless, lenyap.

Belum lama ini saya dan kawan-kawan kantor berencana untuk merayakan akhir tahun seperti biasa. Banyak orang yg antusias ngomongin, mulai dari cari tempat makan, tukar kado, karaoke, dan acara-acara lainnya, tiba-tiba ada seorang rekan yg nyeletuk, “Ah, gw gak ikut akh, pokoknya gw gak mau pulang malam, kalian aja deh!”

Jreng ….. tiba-tiba semua terdiam dan diskusi yg sedang seru-serunya langsung berhenti. Entah bagaimana kelanjutan rencana acaranya.

Lain waktu, seorang manajer sedang berencana untuk mengadakan outbond untuk timnya. Sudah capek-capek review penawaran dari vendor-vendor, sudah survey ke kawasan puncak, ajukan budget, nawar sini nawar sana, minimal 1 bulan ngerjain persiapan. Dan pas pengumuman ke tim, maksudnya kejutan, sebagian besar senang dan expect bangat tapi ada beberapa orang yg langsung bilang, “Ih, outbond, malas bangat, nanti hitam, gosong, capek lagi, terus paling gitu-gitu aja permainannya!”

Kebayang dong tampang tuh manajer dan rekan-rekan lain, langsung malas ngelanjutin, keseruan berubah menjadi kemuraman. Demotivasi lagi.

Memang berbicara dan mengeluarkan pendapat adalah hak semua orang, tapi kiranya kita bisa menggunakan kata-kata yg lebih bijak agar motivasi lawan bicara tidak luntur dalam sekejap. Kalau kita memang tidak suka sesuatu, katakanlah dengan sopan tidak usah menghancurkan harapan dan motivasi orang lain.

Ingat Dementor, salah satu mahluk jahat di novel dan film Harry Potter? Diceritakan disana jika Dementor mencium korbannya maka seluruh mimpi, harapan, kebahagiaan, kenangan indah disedot oleh sang Dementor. Mungkin sama analoginya dengan seseorang yg dengan ucapannya membuat orang lain ter-demotivasi.

1 Comment »

  1. hi yenny…punya blog juga loe? gwe add di blog gwe yah🙂

    Comment by boy — January 8, 2009 @ 10:07 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: