My Journey, My Story, and My Dream

June 15, 2009

Lagu Masa Kecil

Filed under: Cuma mikir — ayacerita @ 1:13 pm

Sejak saya suka sarapan sotomie di depan TK Pak Kasur, telinga dan mata dipaksa menyaksikan tingkah polah anak-anak TK setiap pagi. Berbaris, hormat pada guru, berdoa, dan bernyanyi. Saat mendengar mereka bernyanyi diiringi permainan organ yang dimainkan oleh salah seorang guru membuat pikiran melayang ke masa kecil. Lagu Kebunku, Naik-naik ke Puncak Gunung, Pelangi, Balonku, dengan riang dinyanyikan oleh anak-anak nan imut ini.

Tapi saat pikiran sedang berkelana ke masa kecil, tiba-tiba saya terhenyak dan muncul pertanyaan, “Lho, ini kan semua lagunya sama seperti saat saya masih kecil?” Berarti, hampir lebih dari 20 tahun, anak-anak Indonesia tidak mendapatkan perbendaharaan lagu anak-anak baru. Benarkah demikian?

Waktu saya kecil, it means tahun 80 dan 90an, kita akrab dengan lagu-lagu ciptaan Ibu Sud (Tik Tik Bunyi Hujan, Pagi-pagi, Naik-naik ke Puncak Gunung, Naik Delman, Menanam Jagung, dsb), AT Mahmud (Ambilkan Bulan Bu, Aku Anak Gembala, Kunang-kunang, dsb), dan Pak Kasur (Balonku, Dua Mata Saya, Topi Saya Bundar, dsb), mau dinyanyikan di sekolah ataupun saat main bersama teman-teman.  20 tahun berlalu, ternyata lagu yang dinyanyikan anak-anak TK masih sama tanpa ada lagu baru.

Dulu sempat sih ada lagu Makan Bakso (Melisa), Satu Tambah Satu (Puput Melati), Tanteku (Trio Kwek Kwek), Semut-semut Nakal (Enno Lerian), sempat juga dengerin Joshua, Geovani, Tasya, Sherina, dan Maissy menyanyi walaupun waktu itu sudah duduk di SMP dan SMA. Tapi setelah itu, kok gak kedengeran lagi lagu anak-anak yah? Yang ada hanya pengulangan lagu-lagu jaman 70-an di TK-TK.

Malah mungkin sekarang lebih mengkhawatirkan, anak-anak bisa hapal lagu yang bukan ditujukan untuk dikonsumsi mereka, yaitu lagu-lagu ABG atau orang dewasa. Seperti beberapa waktu lalu banyak anak-anak kecil yang tiba-tiba hapal lagu Samsons, D’Massiv, Peterpan, bahkan lagu Rossa pun tak luput didengarkan dan dinyanyikan. Sekarang yang lagi nge-trend adalah lagu Lupa-lupa Ingat-nya Kuburan ….

Duh, pengen deh ada lagu anak-anak lagi, yang kata-katanya sederhana, mudah diingat, ceria, dan mendidik. Hayo dong pencipta lagu Indonesia, ciptain lagu untuk anak-anak Indonesia, biar khasanah lagu anak Indonesia semakin kaya.

PS: ini ada beberapa link lagu anak-anak yang masih dapat kita nikmati … nostalgia … nostalgia:

http://www.youtube.com/watch?v=uBj6fMixEng

http://www.youtube.com/watch?v=5tVR6redkug&feature=related

http://www.youtube.com/watch?v=WOO-1jaliw4&feature=related

semoga kalau nanti saya punya anak, sudah ada lagu baru untuk anak kecil yah …

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: