My Journey, My Story, and My Dream

June 27, 2009

Mengemis atau Mengancam?!

Filed under: Cuma mikir — ayacerita @ 11:52 am

Jakarta kota ratusan pengemis, mungkin juga bisa ribuan kalau musim Lebaran tiba. Orang Jakarta pasti pernah lah ketemu pengemis yah soalnya pengemis ada dimana-mana. Di bus, metromini, kereta (kecuali kereta AC), lampu merah, jembatan penyeberangan, pasar, halte, dimana-mana aja deh. Orang-orang kaya juga setidaknya ketemu pengemis yang mengetuk-ngetuk kaca mobil pas lampu merah atau lagi macet, hmm pertanyaan usil keluar nih, kalau pejabat, menteri, presiden gitu pernah ketemu pengemis gak yah? Soalnya mereka kan tiap hari naik mobil, ada pengawalnya segala, kalau mau lewat pun jalanan dibersihkan dulu, terus kalau mau mengunjungi pasar tradisional pun, pasarnya dibersihkan dulu, pengemis juga ikut dipinggirkan, jadi kapan dong ketemu pengemisnya?

Sudah yah kita tinggalkan soal pejabat kita itu dulu, balik ke soal pengemis, dulu pengemis itu cuma naik bis terus minta-minta deh, sekarang banyak caranya lho pas mengemis. Pernah saya di Metromini 610 tujuan Lebak Bulus, naik seorang cewek, masih muda, maksimal umur 25 tahun, baju kotor dan sobek-sobek, badan dan rambutnya kotor bangat dan mulai tercium bau-bauan tidak enak, terus mulutnya jorok, ileran, dan giginya kuning semua. Dia minta duit sambil mengancam kalau gak dibagi duit dia mau cium orang itu. Ih jorok bangat kan? udah deh saya siapin duit gopean, terus ada bapak-bapak yg gak mau kasih duit, eh beneran dicium tapi dicium lengannya sih, tapi tetap saja jijay … si Bapak itu ngomel-ngomel, tapi tuh pengemis cuek saja. Waktu saya cerita ini ke teman saya, eh teman saya itu malah bilang dia bahkan pernah ketemu pengemis yang bawa monyet dan ngancamnya kalo gak dibagi duit, bakalan dicium sama monyetnya. Buset dah, makin kreatif tuh maksanya.

Lain waktu dan ini sering kali ditemui mengapa yah pengemis sekarang maksanya tuh pake nada suara rendah tapi isi kata-katanya kaya gini nih, “Daripada saya nodong, ngerampok, maling, saya memberanikan diri minta duit bapak-ibu, apalah artinya seribu, dua ribu ….” Mengancam bangat kan? Terus gak mau terima uang gopean lagi. Terus ada juga yang bawa-bawa kalau dia baru keluar dari penjara dan butuh duit pulang kampung, tapi masih tetap bilang daripada ngerampok, nodok, dlsb. Dulu sih waktu kuliah takut bangat, sampai saya keluarin tuh uang seribuan, tapi sekarang cuek saja, lebih baik pura-pura tidur deh, bodo amat.

pengemis

Di kereta ekonomi Bekasi – Jakarta ada ibu-ibu setengah baya dan lumpuh, dia nih pengemis yang resenya minta ampun, kalau minta uang gak dikasih diomel-omelin deh orang itu. Pernah satu gerbong gak ada yang ngasih dia soalnya sudah pada tahu kelakuan jeleknya, dia langsung teriak, “Pelit-pelit bangat sih orang-orang di gerbong ini, gue sumpahin keretanya nabrak!” Sekali waktu, dia pernah menyundut tangan seorang Bapak pakai rokok gara-gara dia gak dikasih duit dan untungnya si Bapak ini gak terima langsung deh ibu pengemis ini digampar oleh Si Bapak. Penumpang yang lain juga geregetan bangat, ternyata si pengemis ini juga pernah nyundut tangan ibu-ibu atau cewek-cewek muda dan mereka bersyukur si pengemis ini mendapat pelajaran.

Padahal kalau dipikir-pikir orang Jakarta gak pelit-pelit amat kok sama pengemis, asal pengemisnya baik-baik saja. Gak usah maksa, gak usah ngancam, kayanya kita-kita bakalan kasih duit kok, hitung-hitung amal kan? Tapi yah kita juga milih-milih dong kalau kita mau ngasih sumbangan ke pengemis, gak mungkin dong kasih duit sama pengemis yang sehat yang kakinya pura-pura borokan sampai dikerubungi lalat, terus pengemis ibu-ibu yang bawa anak bayi yang mukanya sengaja dikotorin dan kita pun pasti ragu itu anak siapa, bisa saja anak sewaan kan?

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: