My Journey, My Story, and My Dream

July 2, 2009

Dimana Tempat Sampahnya?

Filed under: Our Transportation — ayacerita @ 12:43 pm

Yah, ini pertanyaan, pertanyaan serius karena menyangkut jati diri Bangsa Indonesia, eh serius, tidak berlebihan. Coba bayangkan kalau di kereta yang sudah pakai AC, jalannya express, harga tiketnya bisa 6 kali lipat kereta ekonomi, kursinya empuk, ada kerainya, eh tapi gak ada tempat sampahnya. Gimana dong?

KA express

Ini kejadian nyata lho. Kalau saya perhatikan di kereta AC Jabodetabek tidak ada tempat sampah. So karena kesadaran orang Indonesia untuk buang sampah di tempatnya sangatlah kurang, tidak heran dan tidak jarang sampah bertebaran dimana-mana di dalam gerbong kereta AC ini. Dulu memang ada tempat sampah di setiap gerbong tetapi konon karena letak tempat sampah itu biasa ada di dekat orang yg pada duduk lesehan, terus si penumpang pada keberatan duduk di samping tempat sampah, makanya si tempat sampah ini diminta untuk dipindahkan saja. Terus ada juga cerita, tempat sampah ini umurnya tidak lama, yah ada aja tangan-tangan iseng dan nakal yang sering ngejarah si tempat sampah, don’t ask me siapa yah.

suasana dalam kereta

suasana dalam kereta

Tapi apa karena 2 hal ini tempat sampah jadi ditiadakan? Misalkan penumpang keberatan ada tempat sampah di dekat mereka harusnya kan si penumpang sadar diri dong untuk tidak buang sampah sembarangan atau meninggalkan botol/kaleng bekas minuman di sisi jendela. Atau PT KAI kan bisa bikin tempat sampah yang tertutup dan setiap kali sampai di stasiun tujuan akhir, tempat sampah dikosongkan jadi tidak berbau dan mengganggu kenyamanan penumpang. Untuk menghindari penjarah, kan bisa maksimalkan petugas penarik karcis untuk lebih waspada atau beri tanda besar-besar Logo PT KAI biar kalau si penjarah keluar stasiun bisa segera ditangkap.

Sekarang ada lagi kereta AC ekonomi, berhenti di setiap stasiun tetapi pakai AC. Duh ini kereta juga lebih kotor, kesadaran penumpang yang rendah dan tiadanya tempat sampah bikin kereta jadi tempat sampah itu sendiri. Hayo dong PT KAI, Bapak-bapak juga pasti pengen kan lihat keretanya bersih dan terawat. Hayo dong para penumpang, kita jaga kereta kita, kalau kereta kotor dan rusak, kita juga yang rugi kan? Perjalanan dengan kereta tercinta jadi tidak nyaman.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: