My Journey, My Story, and My Dream

July 23, 2009

Pisang Goreng + Sambal

Filed under: Travel n Kuliner — ayacerita @ 11:45 am

Pernah gak makan pisang goreng pakai sambal? Kalau di Jakarta mungkin aneh yah, tapi baru-baru ini di Kalimantan saya pernah mencobanya. Ternyata disini orang memang makan pisang goreng dicocol pake sambal kacang (tapi sambalnya gak mirip dengan sambal kacang nasi uduk Jakarta yah), selain pisang goreng, juga ada singkong goreng. Pertama kali dihidangkan, saya bingung kok ada sambal tapi gorengannya gak ada tahu/bakwan/tempe yg biasa dicocol pakai sambal, ternyata memang tidak ada, yg ada cuma pisang goreng plus singkong goreng.

Rasanya? Enak juga, pisang yang manis berpadu rasa dengan sambal yg pedas (untuk yg 1 ini, saya cap jempol deh sama cabai di Kalimatan, pedas-pedas, hot!) ternyata lezat juga, begitu juga dengan singkongnya, gak berasa sepiring gorengan hampir habis qiqi. Ini nih penampakannya:

pisang goreng pake sambal

pisang goreng pake sambal

Eh kok fotonya pisangnya malah gak kelihatan yah, itu ada di bawah singkong goreng, lihat deh sambalnya, keliatan mantap kan?

Tapi sebelumnya di Jakarta pun saya pernah makan pisang goreng pakai sate, pernah coba? Sate Domba Afrika di Hayam Wuruk (cuma buka malam hari) juga menyajikan pisang goreng, ditambah mayonaise dan cabai bila suka, sebagai pengganti nasi/lontong. Waktu awal cicipan sih berasa aneh, tapi selanjutnya, tetap enak kok. Satenya juga gak ditusuk-tusuk, tapi disajikan tanpa tusukan di atas piring. Penasaran? Coba aja, worth to try.

Balik lagi ke Kalimantan, selain makan pisang dan singkong goreng saya juga mencoba KAPPA alias kerang yang kulitnya putih, direbus, dan makannya dicocol lagi pakai sambal (lagi-lagi sambalnya mantap, HOT!). Tapi sambalnya beda dengan sambal pisang goreng, yg ini gak pakai kacang, ini nih penampakannya:

Kappa atau Kerang

Kappa atau Kerang

Lihat sambalnya, merah menggoda selera kan tuh?

Ayo dicoba-dicoba ….

5 Comments »

  1. pisang goreng + sambel ?? ternyata ada juga tohk di kalimantan?? gw juga baru makan itu di ambon kmaren yen… pertamanya aneh yaa? trus lama2 ko enak juga… hahahaha

    Comment by vita — September 18, 2009 @ 2:02 pm | Reply

    • Yah Ta ..
      gak heran lah, kan menurut loe, semua makanan itu enak dan enak bangat hehe …

      Comment by ayacerita — September 18, 2009 @ 2:42 pm | Reply

  2. hm….sepertinya..itu di daerah tarakan kaltim yah….
    beneran tuh wenak…..:)

    Comment by indah — January 6, 2010 @ 2:59 pm | Reply

    • eh kok tahu? pernah kesana yah?

      Comment by ayacerita — January 14, 2010 @ 1:48 pm | Reply

  3. iya di tarakan tuh tempat ibu santa klo ga salah wkwkwk

    Comment by hahaha — May 24, 2010 @ 2:54 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: