My Journey, My Story, and My Dream

August 18, 2009

Pendidikan Gak Bikin Miskin

Filed under: Cuma mikir — ayacerita @ 3:04 pm

Kalau ada yg mau cari bukti nyata kalau sekolah itu gak bakalan bikin miskin, saya punya buktinya, asli, pengalaman pribadi. Jadi kalau masih aja cari excuse gak mau sekolah takut Bokap Nyokap jatuh miskin, baca dulu yah pengalaman berharga keluarga saya ini.

Kira-kira 50-60 tahun lalu, dimana saya pasti belum lahir, di Bekasi, ada 2 keluarga tuan tanah (yg tanahnya banyak dan luas).Tuan tanah yg pertama adalah coma (emak buyut) saya dan tuan tanah yg ke dua adalah oma tetangga. Mereka sama-sama kaya, anak-anak hidup berkecukupan. Itu kondisi 50 tahun lalu, tapi mari lihat kondisi sekarang, tahun 2009, ternyata keluarga oma tetangga (skrg sudah almarhum) masih dan tambah kaya raya sedangkan keluarga coma saya hidup sederhana saja tanpa tanah luas yg dulu dibanggakan.

Mengapa demikian? jawabnya simple, SEKOLAH = PENDIDIKAN.

Anaka-anak coma saya yg merasa orang tuanya kaya raya, tuan tanah gitu lho, hidup terpandang, dan enak-enakan saja. Parahnya mereka tidak mau sekolah karena merasa harta orang tuanya cukup sampai 7 turunan, dan parahnya coma saya yg sayang bangat sama anak-anaknya juga gak keberatan kalau anaknya tidak sekolah. So, tidak heran di antara anak-anak coma ini ada yg sampai tua sekarang ini tidak bisa baca tulis karena gak sekolah. Lalu apa pekerjaan mereka? Tentu dong kalau tidak sekolah susah mencari kerja di perusahaan, akhirnya mencoba berusaha, modalnya dari mana? Jual tanah dong, kan masih luas. Jadi setiap kali butuh uang, jual tanah Bung. Akhirnya lama-lama tanahnya habis dong, tinggal yg dibangun rumah saja. Terus harta yg dulu diagung-agungkan juga ikut habis, hasilnya hidup sederhana sampai sekarang.

Oma tetangga lebih pintar. Dia menyekolahkan anak-anaknya sampai kuliah. Walaupun harus jual tanah buat bayar kuliah, tapi dia yakin suatu saat bisa dibeli lagi kalau anaknya sudah bekerja. Dan hasilnya, semua anaknya adalah orang-orang sukses, ada yg menjadi dokter mata hebat yg skrg menjadi kepala RS Mata di Jerman, ada yg menjadi salah satu petinggi di TNI, sisanya memegang jabatan penting di perusahaan tempatnya bekerja. Dan hasilnya, keluarga oma tetangga tidak makin miskin, tetap kaya, dan malah bisa dibilang tambah kaya.

Jadi benar kan sekolah gak bisa bikin kita miskin, yg ada kita malah mempunyai kesempatan untuk berusaha lebih. Saya sering mengkhayal seandainya saya dilahirkan sebagai generasi ke dua keluarga coma saya, saya pasti bisa bikin keluarga ini tidak jatuh miskin seperti sekarang.

Jadi teman-teman, jgn lupa sekolah yah. Mumpung gratis (kata iklan), tetap harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Hayo, bikin bangga keluarga kita.

2 Comments »

  1. memang sekolah gak bikin miskin tetapi kalo sudah miskin dan biaya sekolah tinggi …? gimana mo sekolah…?

    Comment by Peduli Pendidikan — August 18, 2009 @ 11:04 pm | Reply

  2. betul, saya sependapat…

    Comment by yogo — August 19, 2009 @ 9:50 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

