My Journey, My Story, and My Dream

August 29, 2009

Seandainya Kantor Pemerintah Bisa Buka di Hari Sabtu

Filed under: Cuma mikir — ayacerita @ 12:35 pm

Mengalami sendiri bagaimana ribetnya bikin KTP yg cuma bisa dilakukan di hari kerja, so minta orang lain bikinin, dgn bayaran tentunya. Terus ribetnya bikin paspor yg kalau mengikuti prosedur berarti harus cuti 2 hari dari kantor sehingga akhirya minta tlg lagi sama biro jasa a.k.a calo, jadi terpaksa rela bayar dua kali lipat dari harga resmi. Lihat tetangga bikin IMB waktu renovasi rumah, yg katanya biaya resmi bikin IMB itu cuma ratusan ribu rupiah, membengkak jadi 5juta rupiah, duh selisihnya banyak yah? Beberapa tahun lalu pun saya yg harus mengurus sertifikat rumah, harus rela bayar lebih dari 10juta rupiah demi mendapatan sertifikat yg cepat dan tidak ribet, dan sampai hari ini saya gak tahu berapa biaya resmi pembuatan sertifikat.

Di sisi lain, sering kali kita merasa iri pada PNS yg jam kerjanya cepat bangat. Pernah ijin pulang karena badan tidak fit jam 2 siang, saya pikir sepi nih jalanan, masih jam 2an, eh ternyata kok banyak ketemu bapak-ibu berseragam PNS. Eh, mereka pulang jam berapa sih sebenarnya? Cepet bangat yah.

Dulu waktu menjadi masih bekerja di farmasi sempat harus melakukan konfirmasi dgn pihak RS Umum di suatu kota. Waktu itu orang cabang saya berpesan, “Jangan sampai lewat jam 2 yah Bu, orangnya sudah pulang.” Eh, enak bangat jam 2 sudah pulang yah. Dus, saya bertanya bagaimana kalau besok saja, eh tanggapannya bikin saya hampir pingsan, “Wah besok Jumat, Bu. Jam 12 malah udah sepi.” Ya ampun ….. segitunyakah?

Di luar ketidakbiasaan itu, anggaplah semua normal-normal saja. Misalkan jam kerja PNS itu jam 7.30-15.30, terus kita bandingkan dgn perusahaan swasta yg jam kerjanya 8.00-16.00 pasti Sabtu disuruh masuk 1/2 hari biar pas 40jam dalam seminggu. Nah, kalau misalkan kita praktekan di lingkungan birokrasi, seandainya kantor-kantor layanan masyarakat, seperti Kelurahan tempat bikin KTP, KK; Kantor Imigrasi tempat bikin paspor, Kantor BPN tempat bikin sertifikat, IMB (cmiiw), dsb, dan kantor-kantor lainnya juga bisa masuk 1/2 hari di hari Sabtu. Maka betapa senangnya masyarakat, jadi saya tidak usah susah-susah minta tolong orang lain atau calo untuk bikin KTP saya, hari Sabtu saya tinggal datang ke kantor kelurahan buat ngurus KTP. Kalau mau bikin paspor, berarti tinggal datang bawa syarat-syarat dan bayar biaya resmi, sabtu depannya tinggal foto dan ambil paspornya.

Duh kalau gini, enak yah, masyarakat terlayani, calo bisa dikurangi jumlahnya soalnya ngapain pakai jasa calo kalau Sabtu masyarakat bisa urus surat-suratnya sendiri.

Ambil contoh mobil keliling layanan perpanjangan SIM dan STNK milik Polda Metro, hari Sabtu tetap nongkrong setia melayani orang-orang yg berurusan dengannya. Hari Sabtu bukannya sepi lho, malah tambah ramai. Dan enaknya, gak ada calo, biaya resminya jauh sekali di bawah biaya pakai calo. Duh, seandainya banyak institusi lain yg mengikuti mobil keliling ini, enaknya dunia, eh salah, enaknya jadi penduduk Indonesia, bikin surat apapun jadi mudah dan murah.

1 Comment »

  1. Setuju !!!!1

    Comment by tjenarvi — October 31, 2009 @ 12:37 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: