My Journey, My Story, and My Dream

September 10, 2009

Budget Wedding Party

Filed under: Wedding Planning — ayacerita @ 3:17 pm

Karena saya seringkali ditanya teman-teman yang ingin/sudah ada niat walaupun sedikit/kepingin/dipaksa ortu untuk segera melangsungkan pernikahan, dan seringkali ditanya, gimana caranya meminimalisir budget wedding yang konon kabarnya bisa sampe ratusan juta dan berpotensi besar menghabiskan tabungan yg susah payah dikumpulin sejak kerja tahunan lalu dari jaman fresh graduate. Yah bingung juga sih kenapa saya bisa jadi sumber informasi, mungkin karena saya tergolong bukan orang yang royal jadi pasti wedding party saya low budget atau karena mereka lihat sendiri pesta saya yg biasa-biasa aja cenderung hemat hahaha … tapi kan tamu senang dan puas.

Nah, daripada saya bolak balik ditanya, dan dijawab dengan hal yg sama pula, capek juga lah ngetik di YM panjang-panjang, karena kalau udah dikasih 5 tips yg bisa menghabiskan 20 baris YM, masih aja ada yg nanya, “Ada lagi gak?” hahaha bahagia juga sih ternyata ada juga yg pelit kaya gw hehe …  eh bukan pelit ding, berhemat buat anak cucu nanti.

Ok deh dimulai aja, pembukaannya kelamaan kayanya, dan gak penting jg buat dibaca yah ternyata.

Kalau mau budget wedding berarti, terutama buat para cewek and brides to be, singkirkanlah prinsip ONCE IN A LIFE TIME, so semuanya harus perfect, harus jadi ratu sehari dengan gaun baru rancangan desainer, full payet dgn kristal svarosky bling bling bling. Percayalah sobat, kalau udah niat budet wedding dengan limited budget, berarti harus hidup dalam realita tapi bukan berarti kamu tampil alakadarnya kok di hari H nanti.

1. Gaun Pengantin, memang sih saya sendiri juga pengennya pakai gaun baru yg bling bling, emoh deh pakai bekas orang, tapi tahukah brides to be, kalau selisih harga gaun baru dan gaun second itu bisa sampe 5 jutaan, bahkan lebih? 5 juta hari gini bisa dipakai buat macam-macam daripada cuma bisa dipakai melekat ke badan maksimal 12 jam, dan alangkah baiknya jika kamu jg turut mengetahui hal ini bahwa no one, tdk ada seorang pun tamu yg akan aware kamu pakai gaun baru atau tidak. Tapi mereka tetap aware kamu pengantinnya karena kamu tetap pakai gaun pengantin yg tentu aja gak ada tamu lain yg nekat pakai gaun pengantin juga kan? Dan jgn salah, gaun second juga gak kalah cantik kok, tetap bikin kamu tambah cantik dan ribet gak bisa jalan buru-buru, apalagi kalau mau pipis hehe. Dan yg gak kalah pentingnya lagi, si mas mu, koko mu, si groom, tetapi akan bilang kamu cantik, apalagi kalau gaunnya dia yg bayar hehe.

2. Jaman sekarang entah dari mana hukumnya, kok pre-wedding foto, jadi sesuatu yg wajib yah? Tapi memang menyenangkan sih melihat foto2 mesra bersama pasangan walaupun banyakan kesan gak alaminya hehe (jujur nih). Disini kita bisa berhemat saat memilih untuk foto outdoor atau indoor. Minimal foto outdoor itu 5 juta rupiah, itu pun wilayahnya gak boleh di luar kota, cuma boleh di Jakarta aja, jadi pilihannya kalau gak di kota tua, PIK, Dufan, Ancol, atau kalau saya nih nekat ke kampus UI Depok. Nah kalau mau foto outdoor di luar kota, seperti Kawah Putih, Cibodas, Ujung Genteng, Pulau Bidadari, siap2lah mengeluarkan uang minimal 10 juta rupiah. Kalau mau bijak dgn budget terbatas, sebaiknya pilih saja foto indoor, gak kalah bagus kok, atau kalau tetap mau outdoor, yah carilah di dalam kota aja kali yah.

Atau kalau mau gampangnya pake cara saya dan Bronsen, foto indoor di studio foto tempat bridal, n foto outdoor sama teman yg bisa foto (bisa beneran yah, bukan asal jepret), n dia bisa retouch foto tsb agar tampak lbh bagus (minimal menghilangkan jerawat dan minyak di wajah), trs bikin design album n cetak sendiri ke studio foto deh. Itu yg saya lakukan waktu foto pre-wed saya kemarin. Dan karena kita sendiri yg tentuin lokasi dan waktunya, jd lebih bebas, foto di Cibodas saya ajak orang tua, sekalian piknik, terus mamah bikin bekal buat di sana n waktunya istirahat kita makan siang lesehan di bawah pohon, sudah lama kan gak piknik sama bonyok?

3. Banyak sih pasangan yg gak mau ambil paket bridal, karena walaupun kesannya murah dan dapat banyak tp ujung2nya mahal juga karena harus upgrade sana sini. Tapi kalau memang kamu gak mau ribet, bisa aja ambil paket bridal tapi tetap berhemat.

Paket bridal pasti sudah termasuk gaun pengantin (new or 2nd), make up hari H n pas pre-wed, foto prewed bisa indoor or outdoor, foto n video liputan, foto kanvas, hand buket, mobil pengantin, rias 2 mamah n bridesmaid, plus voucher jas pengantin, voucher undangan, n voucher wedding cake. Pengalaman saya, lbh baik kamu buang aja voucher2 itu, convert aja ke item lain, misal upgrade gaun 2nd jd baru (kalao bisa), upgrade ukuran dan kualitas album foto, atau ukuran foto kanvas, atau tambah make up buat saudara2 cewek atau penerima tamu. Knp harus dihilangkan, karena biasanya rekanan jas pengantin, undangan, dan wedding cake adalah rekanan yg mahal2, bayangin aja kamu dpt voucher 1 jt untuk jas, tapi masih harus tambah lg 3 juta, bnykan nambahnya kan?

Sempatkan waktu saja berburu lagi item-item ini dan kamu akan menemukan vendor lain yg lbh murah dgn kualitas tfk kalah bagusnya.

4. Jas pengantin, bnyk loh tailor bagus tapi blm bisa promosi gede2an jd tenggelam dgn nama besar tailor lain. Ambil contoh aja yah, untuk jas Bronsen, kita bisa dapet jas hak milik plus pernak pernik lengkapnya cuma dgn 1.7juta dgn bahan yg bagus dan jahitan yg rapi tentunya. Plus saya jg bikin jas untuk bokap n adik yg totalnya gak lbh dr 2 jt rupiah.

5. Undangan, berburulah ke percetakan2, paling banyak di Pasar Tebet tuh, banyak teman saya yg bikin undangan disana murah dan hasilnya bagus2. Lihat contoh undangan yg pernah dia bikin. Jgn tergoda untuk bikin undangan yg mahal sampai 20rb/pcs yg ujung2nya akan dibuang jg ke tempat sampah, atau seperti yg mertua saya lakukan, undangan bekas jadi tatakan gelas kopinya di meja tamu. Takut kalau murah designnya jd gak bagus? kalau memang bisa design sendiri atau pny teman yg bisa design undangan, boleh2 aja kok kamu dtg ke tkg undangan n bawa design sendiri. Gak haram kok hukumnya.

6. Wedding cake, wah kalau yg 1 ini saya senang bangat deh, sementara di luar sana wedding cake harganya mulai dari 3 jutaan, saya malah dapet harga setengahnya, 3 diantara 5 tingkat adalah kue asli. Mau tahu saya ketemu dimana? Vendor ini blm pny promosi apa2, cuma dari mulut ke mulut, dia gak pny ruko, cuma rumah aja, itu pun letaknya di jalan kecil, tp gak sia-sia kok perjuangannya. Saya berkunjung sekali ke rumah dia, design bentuk cake, pulang, survey ke tempat lain, ternyata lbh cocok ke vendor rumahan ini, n contact si Enci, transfer duitnya, n di hari H jreng jreng kuenya udah cantik ngejogrok di pojok ruangan. Gak kalah sama pelayanan profesional dari vendor cake yg besar.

7. Dekorasi, siapapun orangnya, apalagi saya tentu sukanya bunga asli drpd bunga palsu, tapi mendengar selisih harga dekor pakai bungan asli dan bungan palsu, apalagi kalau sampai saya pakai bunga kesukaan saya, bunga Lily, harganya bisa sampai selisih 8juta, walah. Jadi lebih baik pake dekor bunga palsu aja deh, gak kalah cantik kok, dan lagi-lagi gak ada tuh tamu yg merhatiin. Coba bayangin aja, pas lagi salaman, apakah ada tamu yg iseng2 merhatiin pelaminan di belakang pengantin? Biasa aja kan?

Satu lagi soal dekor, kalau memang budget kita terbatas, lupakanlah tema-temaan, emang sih enaknya pesta kita punya tema, yg keren2, tapi pasti nantinya mentok di budget lagi, so realistis aja lah. Dekor tanpa tema asalkan ditata semenarik mungkin gak bakal bikin pesta kamu terasa hambar deh.

8. Catering, ikat harga catering pas kamu DP, waktu akhir 2007 saya ikat DP catering dgn harga fix sampai pesta di end 2008 nanti, dan siapapun tak mengira 2008 ada krisis kan, di mid 2008 harga catering naik 30-40% lumayan bgt kan tuh? dan jgn pelit minta bonus hehe … minta kortingan harga pondokan atau untuk perlengkapan wedding toast, soalnya harga sparkling jucie yg buat toast itu ternyata gak murah2 amat lho. Lumayan lah kalau kita dpt gratis, wong minumnya cuma segelas juga. Secara general sih, di catering kita agak sulit yah berhemat karena gak mau dong tamu kita gak kebagian makan cuma kareng kita motong budget, tamu yg diundang 500 eh makanan yg dipesan cuma 600 porsi, gak realistis kan?

Triknya agar makanan cukup n menu prasmanan gak terlalu bnyk bisa diakalin dgn menu pondokan yg berat2, seperti nasi liwet, nasi bali, lontong cap gomeh, dlsb. Terus kalau ada makanan dari luar yg harganya lbh murah, coba deh bandingkan dgn harga di catering. Dulu saya sempat pesan risol mayo n kebab dari luar, dan ternyata setelah dihitung dgn biaya denda gedung + perlengkapan pondokan catering saya masih bisa hemat 500-700rb rupiah.

9. Confetti, jgn deh beli confeti sama entertainment (MC n singer) karena harganya boow, 1 biji confeti bisa 100rb rupiah. Saya beli confeti di daerah Glodok, dan dapet dgn harga 37rb/pcs, beli 9 buah dan semuanya meledak dgn sempurna. Hemat kan?

10. MC dan singer yg terkenal dan mahal, percayalah sayang pas kamu sudah dipelaminan dan sibuk menerima selamat dari tamu, kamu udah gak bakal denger lagi wedding singer kamu nyanyi apa, suaranya merdu kaya Joy Tobing atau serak2 basah mirip Ahmad Albar, dan tugas MC itu yah itu2 aja, jd sayang aja ngeluarin duit puluhan juta buat MC terkenal. Paling enak kalau ada teman yg biasa jadi MC, jd mudah berkomunikasi dan cukup kasih angpao persahabatan hehe.

11. Kalau brides anak pertama dan groom anak cowok satu-satunya, dan orang tua yg ngebet bangat bikin pesta sendiri, maka kemungkinan ada wedding party 2 kali sangat mungkin terjadi. Dan itu terjadi pada saya. Pesta di rumah saya di Bekasi dan satu pesta lagi di Jakarta, yg menurut saya bener2 menguras tabungan dan energi. Jadi kalau bisa pihak cewek dan pihak cowo kerjasama aja yah, patungan, biar acaranya jd gak mahal2 bangat.

Hmm, gak nyangka bisa sampai 11 item yah. Mudah2an berguna buat temen yg lagi nyiapin wedding party-nya, tapi mungkin agak useless buat yg memang dari sananya sudah dilimpahi dgn rejeki berlebih dan tidak ada masalah apapun dgn wedding party yg gede2an. I’ts ok honey, it’s just for share.

8 Comments »

  1. saya setuju sih, sebetulnya prewed gak wajib (sebetulnya perlu karena bisa menambah pemasukan saya, huehehehe). suatu trik aja yang saya biasa saya lakukan. bila waktu dikasih agak lenggang, saya biasa buat/lakukan foto ala prewed di hari H. malah menambah rasa special hasil fotonya. ini contohnya.

    http://www.akbarfoto.com/2009/riza-alfon-wedding/

    www. akbarfoto .com

    Comment by akbarfoto — October 20, 2009 @ 5:27 am | Reply

  2. Hi, salam kenal…

    Saya mau tahu beli Confetti di daerah Glodok, daerah mana yach? trus ciri2x Confetti nya bagus (bisa meldak dengan sempurna), gimana tau caranya? Thanks y..

    Comment by Surya — May 5, 2010 @ 11:01 am | Reply

    • toko 888 di jalan toko tiga
      gak ada jaminan gak bakal meledak sih, cuma kemarin suami beli 20 buah buat acara kantor, cuma 2 yg gak meledak, tapi bisa dikembalikan ke tokonya kalo gak meledak

      Comment by ayacerita — May 14, 2010 @ 8:32 pm | Reply

  3. Hah am I really the first comment to this amazing article?

    Comment by Charles Farley — May 28, 2010 @ 6:37 am | Reply

  4. tq bgt bwt infonya..

    Comment by bernad — February 8, 2011 @ 1:33 pm | Reply

  5. kuenya pesan di mana ya info dong makasih ya

    Comment by dinda — October 23, 2011 @ 9:09 pm | Reply

    • Di Jessica Louis Cake di daerah Grogol

      Comment by ayacerita — October 24, 2011 @ 4:48 pm | Reply

  6. like this article so much.. kebetulan lg persiapan wedding juga.. bs dpt inspirasi.. thx infonya ^^

    Comment by ellen — December 14, 2013 @ 8:43 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

