My Journey, My Story, and My Dream

October 2, 2009

Kepolosan Itu …

Filed under: Simple n ringan aja — ayacerita @ 2:10 pm

Dueh … semoga saya gak dosa yah ngomongin Mamah saya sendiri disini, tapi beneran sumpah, bukan maksud untuk mempergunjingkan tapi lebih ingin share aja kepolosan yang berujung senyum itu.

Mamah saya tuh yah orangnya polos bangat, tapi sekaligus galak bangat kalau diperlukan. Polosnya itu mungkin karena memang tidak mengenyam pendidikan tinggi sehingga gak heran selalu ngaku orang kampung. Tapi saya sih bangga aja, kalau memang benar saya anak orang kampung tetapi bisa lulus kuliah dengan predikat cumlaude di sebuah universitas negeri bergengsi di jagat Indonesia ini, ngapain harus malu kan?

Kepolosan Mamah tuh terutama dengan kata-kata yang menyangkut Bahasa Inggris, yah wajarlah yah, secara (ya ampun gw pakai kata ini), jaman dulu gak ada Les Bahasa Inggris atau pelajaran Bahasa Inggris di SD.

Dulu waktu Giant baru buka di Bekasi, dengan susah payah saya mesti mengajari mamah mengucapkan kata GIANT dengan benar. Karea waktu awal-awal buka, mamah selalu bilang, GIYAN, kalau saya bilang bacanya jadi JAYEN (dgn huruf e seperti baca ‘tempat), cuma bilang, “oh bacanya gitu“, tapi minggu depan bisa-bisa masih bisa bilang, “Ci, belanja ke GIYAN yuk” hehe lupa lagi, tapi sekarang sih udah enggak, malah lancar, dan hafal semua harga di Giant.

Mau tahu bukti hafal luar kepalanya itu?

One day, waktu saya ajak Mamah ke Carrefour yang baru buka di Bekasi. Setelah selesai belanja dan sudah sampai rumah lagi, Mamah saya tiba-tiba bilang, “Yah, mahal ah belanja di Carrefour, lebih murah di Giant!” Hebat kan, baru belanja sekali udah bisa bilang gitu? Terus tiba-tiba,

Yang lebih murah di Carrefour daripada Giant cuma satu doang, Ci, Soklin deterjen doang.”

Gubrak …. sehafal itu sama harga sembako yah Ibu-ibu.

Terus entah kenapa Mamah gw itu kok hafal bangat sama jumlah sendoknya yah. Bukan cuma total jumlahnya, tetapi perinciannya juga. Jadi kalau di rumah ada 5 jenis sendok, Mamah hafal 5 jenis sendok itu jumlahnya masing-masing berapa, termasuk sendok-sendok hadiah beli sabun colek! Maka tidak heran, kalau jaman nge-kost dulu, Mamah saya seringkali menghitung sendoknya, dan langsung bilang, “Sendok Mamah 3 biji di bawa ke kost kan, sama garpu 2 biji yah?”

Jadi kalau ada orang yg suka jokes kalau ada orang dicari Mamahnya karena bawa-bawa sendok, yah itu saya sih, dan beneran terjadi.

Waktu mau Lebaran kemarin, Mamah saya cerita kalau Papah dapat THR berupa sirup dan biskuit dari pabrik,

Tapi biskuitnya bukan yang Monde, yang 1 lagi itu lho.”

“Oh iya yah, ada 1 lagi sih yg mirip bangat kalengnya sama Monde, apa Mah merknya?”

Mikir bentar, “Butter cookies, tapi rasanya sama sih sama Monde.”

Hahaha, varian Monde yang enak itu kan namanya emang Butter Cookies, jadi sama aja kan tuh. Ternyata setelah dicek di rumah, merknya itu Danisa, isinya yah butter cookies.

After lebaran, saya mengajak keluarga ke Sogo, selain barang diskon juga banyak yah barang-barang yang NEW ARRIVAL. 1/2 jam lihat-lihat, tiba-tiba Mamah berkomentar

“Barangnya sama yah Ci kaya di Matahari?”

“He eh” sambil mikir, memang sih sebagian ada barang yang sama dengan di Matahari, tapi keren bangat dong nyokap bisa ingat semua barang di Matahari yah.

“Tuh sama kaya di Matahari, NU ARIPAL semua”

” …..  “

Senyum-senyum, pengen ketawa, kayanya dulu saya pernah bilang deh artinya si New Arrival itu, lupa lagi yah Mah?

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

