My Journey, My Story, and My Dream

November 25, 2009

3 Tipe Orang (Versi Ibu Hamil)

Filed under: Pregnancy,Simple n ringan aja — ayacerita @ 3:01 pm

Hamil saya sekarang yg sudah mencapai 22 minggu, sehingga perut sudah kelihatan membuncit, kecuali kalo pakai kaus Bronsen yg kegombrangan, palingan dibilang orang gemuk kegemukan. Karena hamil ini saya jadi punya pendapat pribadi bahwa saya bisa membagi 3 tipe orang berdasarkan sikapnya menghadapi ibu hamil.

Hal ini dilatarbelakangi, sejak hamil saya tetap aktif naik motor, naik ojek, naik bajaj, naik busway, naik kopaja, naik kereta api, dan naik becak. Nah karena aktivitas saya yang begitu padat itu, saya harus berinteraksi dengan orang-orang di transportasi umum dan berhadapan langsung dengan sikap mereka pada saya yg sedang gendut ini. Jika naik Kopaja/kereta/busway tidak jarang (bahkan sering bangat), penumpangnya sudah penuh dan berdiri, kalau saya naik, belum tentu saya dapat duduk dan belum tentu juga ada orang yg ngasih saya duduk.

Apakah kamu termasuk orang yg tidak percaya kalau ada orang nun di luar sana yg cuek sama  ibu hamil? Mulai sekarang sayang, percayalah, saya sudah mengalaminya sendiri, bukan hanya sekali. Dulu waktu saya belum hamil ada orang yg punya sikap seperti ini, saya paling cuma geleng-geleng kepala dan berpikir kok tega bangat yah. Tapi sekarang pas lagi hamil dan merasakan sendiri  perlakuan orang seperti itu, bukan hanya geleng-geleng kepala, tapi udah pengen nangis rasanya. Nah untuk itulah saya membagi 3 tipe orang berdasarkan perlakuan mereka pada ibu hamil.

1). Orang yg bener-bener cuek bangat sama ibu hamil yg jelas-jelas mesti berdiri di depannya, sedangkan ia masih muda dan sehat. Yg sebelnya lagi dia cuma ngeliatin si ibu dan juga ngeliatin perutnya, tapi hati dan pantatnya sama sekali tak tergerak untuk memberikan kursinya. Yang lebih parah jika si ibu hamil mau naik busway, n kernetnya udah teriak-teriak ada ibu hamil, mohon diberi duduk, semua penumpangnya diam dan pura-pura tidak mendengar, alamak, saya sampai mendesah. Luntur deh pelajaran PPKn dan Pancasila dari SD sampai kuliah yang bilang orang Indonesia itu sifat utamanya adalah tolong menolong.

Apalagi di kereta ekspress Jabodetabek yg jelas-jelas ada kursi khusus untuk ibu hamil, orang tua, orang cacat, dan ibu bawa anak, tetap aja ada orang muda segar bugar cuek duduk di sana. Nanti kalau ada ibu hamil datang dan ingin meminta haknya, dia ogah-ogahan berdiri, ya ampun ….

2) Orang setengah cuek setengah peduli. Ciri-cirinya kalau ada ibu hamil naik bus dan dia sedang duduk, dia gak langsung berdiri, tapi celingak celinguk kanan kiri, lihat keadaan, kali aja ada orang yg berdiri duluan kasih kursi, eh ternyata gak ada, terpaksa berdiri deh. Dan kayanya banyak bener yah orang yg kaya gini. Tapi gak pa-pa lah, yang penting masih ada hati nurani, walaupun belum full, dan saya kan tetap duduk juga akhirnya, walaupun prosesnya agak panjang hehe.

3) Orang yg sangat sigap sekali, ada ibu hamil naik bus/kereta, langsung berdiri kasih tempat duduk, bahkan dibantu naik bus/kopaja yg kalau berhenti gak pernah full nge-rem tetapi cuma gigi satu. Wah saya seneng bangat ada yg kaya gini nih, saya berdoa mudah-mudahan lebih banyak orang yg peduli seperti ini. Dan saya juga berharap, jika nanti saya tidak hamil lagi, saya selalu bisa jadi orang seperti ini, begitu juga suami, keluarga, dan teman-teman yg saya sayangi.

Yah ini deh pantauan ibu hamil selama 22 minggu ini, mudah-mudahan sampai akhir berjalan baik yah.

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

