My Journey, My Story, and My Dream

December 3, 2009

Saat-saat menjadi Superman

Filed under: Simple n ringan aja — ayacerita @ 1:57 pm

Kalau ingat saat-saat kuliah dulu waktu jaman mahasiswa entah kenapa saya berpikir kita tuh seperti superman yg punya banyak tenaga, yah untuk kuliah, untuk berorganisasi, untuk bersosialisasi, begadang ngerjain tugas, begadang belajar SKS menghadapi mid and final test, dan rela begadang sambil jalan kaki cuma buat nempelin poster kegiatan di seluruh kampus UI Depok.

Saat masih jadi mahasiswa, saya hanya terlibat dalam 1 organisasi, namanya KMBUI (Keluarga Mahasiswa Buddhis UI). Sekarang sih nama KMBUI udah lumayan dikenal sama lingkungan kampus, dulu, orang sering salah dengar antara KMBUI dan MBUI. MBUI ini adalah marching band UI, cuma beda 1 huruf kan. Jadi kalau ada orang nanya apa itu KMBUI, yah mesti dijelasin panjang lebar lah mulai dari singkatan, terus kegiatannya apa saja.

Berbeda dengan organisasi keagamaan lainnya yg berada di level Fakultas, KMBUI berada di level Universitas karena anggotanya yah seluruh mahasiswa UI yg beragama Buddha. Bukan kenapa-napa, kalau dibagi per fakultas gitu, yah kasian aja sama fakultas yang cuma punya 1 orang mahasiswa Buddhis, nah dia nanti mau berorganisasi sama siapa coba. Soalnya saya di Ekonomi aja, 1 angkatan itu cuma ada 3 orang mahasiswa Buddhis, kalau digabung dengan senior waktu itu yah ada deh 12 orang kira-kira. Nah total jumlah anggota KMBUI 9 tahun lalu cuma sekitar 150 orang untuk 1 UI.

Dari 150 orang ini, yah tergeraklah hatinya untuk bikin organisasi dan kegiatan-kegiatan yang mewadahi mahasiswa Buddhis, dan saya ini cukup aktif jadi anggota waktu itu. Mulai dari pindah kost ke daerah Kukusan Teknik dari Margonda, padahal tau kalo anak KMB kost di Kutek maka hidupnya akan mulai terganggu hehe … lebay mode on.

Tapi yah dulu kok saya merasa bener-bener jadi Superman, gak ada capeknya gitu. Pertama kali terlibat waktu perayaan Waisak. Senin UAS jam 9.00, Sabtu malam begadang sampai pagi, minggu seharian capek, sore pulang ke kost malah ketiduran sampe senin pagi, baru bangun jam 6.30. Walah, belum belajar huehuhueue … langsung mandi, sarapan, dan cabut ke kampus, berharap bisa belajar tenang di perpus. Waktu itu takut bangat gak lulus untuk mata kuliah itu, secara pas UTS nilai saya cuma 60an deh, pengen nebus dosa pas UAS kok malah begini kejadiannya? Pokoknya baru kali itu saya merasa ngerjain soal UAS sambil berdebar-debar takut gak lulus.

Kenapa yah waktu itu mata itu benar-benar tahan diajak begadang? 2 minggu sekali setiap Kamis malam, pasti saya begadang ngerjain majalah dwi mingguan, gak tanggung-tanggung baru bisa selesai jam 2-3 pagi. Paginya jam 8, sudah harus kuliah lagi.

Rekor tidak tidur hampir 2 hari 2 malam pernah dijalanin. Gara-gara harus pertanggungjawaban pengurusan, bikin LPJ sampe jam 5 pagi, tidur bentar, jam 8 harus sudah siap di tempat. Malamnya pengen bangat tidur sore, eh rejeki datang, ditraktir sama alumni ke Pizza Hut, balik-balik jam 11 malam. Eh ada acara rapat mendadak (padahal udah gak jadi pengurus lagi), yah baru bisa tidur jam 2 pagi. Seninnya udah harus kuliah lagi jam 8 dengan badan rontok dan mata bengap karena ngantuk.

Terus yah dulu tuh tahan bangat sama udara dingin. Saat ada kegiatan Pekan Meditasi di Lembang yang dinginnya benar-benar dingin bangat dan saya yang menjabat seksi acara harus selalu siap setiap saat. Bangun jam 5 pagi, masih gelap, napas pun berkabut, berjalan tersuruk-suruk di antara kegelapan dari barak sampai kamar mandi (kira-kira 20 meter), terus mandi pagi. Beneran mandi lho, bukan mandi koboi yg cuci muka sikat gigi doang, tapi bener-bener mandi cebar cebur, dingiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnn bangat, brrrrrrrrrrrrrrrrrr. Tanpa air panas setitik pun. Dan teganya yah selama mandi kurang lebih 1/2 jam, tidak ada satu pun teman yang bangun dan mandi. Balik ke barak jam 5.30 lewat, yg lain masih tidur berselimut tebal.

Sekarang, hujan dikit aja, brrr udah kedinginan deh kalau mandi. Kalau pagi aja saya masih bisa kedinginan, sering-sering deh masak air panas buat mandi. Apalagi soal ketahanan begadang, jam 10 mata udah ngantuk. Kalau begadang, butuh waktu untuk memulihkan badannya gak cukup cuma sehari, bisa berhari-hari masih berasa lemasnya.

Beneran deh kalau ingat jaman kuliah dulu dimana waktu 65% untuk organisasi, berasa bangat jadi Superman. Gak ada capeknya, kalau capek juga bisa langsung pulih dengan tidur beberapa jam saja. Dan kuliah tetap jalan, tugas-tugas tetap dikerjakan. Powerful bangat.

2 Comments »

  1. ada satu hal yang ga bisa kita bohongi yaitu ‘umur’, semakin tua kondisi semakin rapuh …

    Comment by suiswoyo — December 12, 2009 @ 12:38 pm | Reply

  2. bnr umur^^,yah namanya manusia

    Comment by rahasia — January 13, 2010 @ 9:49 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: