My Journey, My Story, and My Dream

December 4, 2009

Ingin Makan Banyak tapi Gak Jadi Gemuk

Filed under: Perempuan,Pregnancy — ayacerita @ 3:38 pm

Beneran lho, saya tuh pengen bangat bisa makan banyak, apalagi kalau gratis hehe … Masalahnya yah, lambung saya ini kok yah kecil sekali, gak bisa nampung banyak makanan …………..tapi …………… gampang bangat gendut dan gemuk.

Di antara 3 sahabat saya; Anna, Emy, dan Christine, saya ini makannya paling sedikit. Yang lain belum kenyang, saya sudah berhenti makan kekenyangan. Dulu sempat kita berempat makan all u can eat di Samudra Seafood, ya ampun, perut saya benar-benar sudah penuh, eh mereka dengan santainya memesan puding dan dessert lainnya, tapi tetap aja badan pada kaya lidi, kurus-kurus jangkung. Ngiri bener …

Dulu, sekretaris kantor saya pun gitu, makannya porsi kuli, bisa 3 kali lipat porsi saya, tapi berat badannya gak nambah-nambah, malah menurut saya makin kurus kali. Yang pertama kali lihat saya makan, pasti komentarnya sama, “Ih dikit bener makannya!”

Yah, saya memang cuma bisa makan sedikit. Kalau makan nasi gak pernah lebih dari 5 sendok makan. Mamah dan papah saya sih sudah biasa lihat porsi saya yg cuma segitu, dan sebenarnya mereka juga bingung lemak saya dari mana datangnya, bisa kaya ikan buntel gini. Waktu pertama kali tinggal sama mertua, mertua saya sampai hampir marah karena saya cuma ambil nasi sedikit bangat. Yah gimana, saya memang gak bisa makan nasi banyak-banyak, cepat bangat kenyang. Bisa-bisa sayur dan sup yg lain kebuang gara-gara saya gak sanggup makan.

Kalau lagi makan di warteg, biasanya saya pesan nasi 1/4 porsi, kalau gak bisa yah 1/2 porsi, tapi pasti 1/2nya lagi saya kasih Bronsen, atau kalau gak ada yg bersedia nampung, terpaksa deh gak dihabiskan. Maaf yah nasi ….

Pernah dulu saya maksa makan nasi sampai habis, dulu ceritanya makan Nasi Akwang di Kalimantan. Yah ampun, porsinya kok besar bangat, tapi saya paksa sampai habis, karena rekan saya sudah habis duluan, dan orang cabang, cewek badannya kecil juga sudah habis, sedangkan saya masih harus berjuang menghabiskan. Akhirnya habis juga sih, tapi akibatnya parah, saya gak bisa nafas, dada sakit, perut kekenyangan itu gak enak. Saya kapok deh makan banyak-banyak.

Tetapi walaupun porsi saya sedikit, saya tetap harus makan 3 kali sehari, yg penting makan. Karena saya punya sakit maag, jadi saya cepat lapar dan makan harus tepat waktu, kalau makan telat 1 jam aja, yah siap-siap deh perut melilit karena perih dan asam lambung naik. Apa makan sehari 3 kali itu bikin gemuk yah?

1 lagi, saya gampang gemuk kalau saya gak punya kegiatan fisik yg berarti, dalam arti lain kalau saya gak olahraga, perlahan namun pasti berat badan bisa sampe 58kg, padahal tinggi saya cuma 155cm, oh help me!!!! Jadi sebelum hamil, saya sempet-sempetin tuh jadi member di sebuat club olahraga, bisa turun sih sampe 56kg dalam waktu 2 bulan. Eh gara-gara saya jatuh dari motor dan tulang ekor sakit, saya libur dulu olahraga 2 minggu, eh terusnya saya mesti keluar kota 1,5 minggu, istirahat lagi deh dari olahraga, eh kemudian saya hamil, dan pertama kali tau saya hamil ternyata saya sudah 58,5 kg … tuh kan, gak sampe 1 bulan gak olahraga BB saya naik lagi 2,5kg.

Terus pas hamil gini, saya udah ngeri aja ngebayangin orang pendek kaya saya ini harus hamil besar dan naik 10-12 kg, Oh My God … berarti bisa sampai 70kg dong .. aduh bulet bangat deh pasti kaya bola. Tapi karena mual di awal-awal hamil dan nafsu makan saya yg ternyata tidak begitu bertambah, porsi makan saya tetap. Pagi sarapan, jam 10 ngemil cookies, jam 12 makan siang, jam 4 ngemil kecil lagi, terus jam 7.30 makan malam. Porsi saya tiap makan juga sama sebelum saya hamil. Tapi bulan lalu waktu kandungan masih 4 bulan lebih, ternyata BB saya sudah  65kg!!!!

Alamak … Bronsen aja sampai bingung darimana tuh BB bisa nambah, makan biasa aja, malah dia khawatir BB ku gak nambah, biar bagaimanapun orang hamil pasti tambah gemuk dong, penting  juga buat janinnya. Tapi ini kok udah nambah 6kg yah? Tetap penasaran dari mana datangnya 6kg itu, soalnya orang-orang kantor jg pada complain kenapa saya jarang ngemil, jarang cari makanan, jarang ngeluh “lapar”, padahal ada 1 ibu hamil lagi di kantor, yg bawaannya makan mulu, lah saya … kok jarang bangat kelihatan di meja ada cemilan apa gitu.

Yah yg penting sehat-sehat aja kali yah, walaupun rasa penasaran tetap ada dari mana tuh 6kg datangnya?

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

The Rubric Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

