My Journey, My Story, and My Dream

December 17, 2009

Si Pemakan Segala

Filed under: Simple n ringan aja — ayacerita @ 8:36 am

Punya saudara, teman, pacar, suami, istri, atau sekedar kenalan yang makannya banyak? Saya punya banyak dan menyenangkan bangat yah saat-saat bersama mereka apalagi kalau ada makanan lebih yang bingung mau diapain, eh ada yang ngabisin. Sebagian orang menyebut orang yg suka makan ini tong sampah, tapi saya sih gak tega lah kalau mereka disebut tong sampah.

Menurut saya gak salah sih kalau mereka makan banyak, tapi saya punya satu syarat untuk mereka yaitu agar mereka tidak rakus dan serakah. Lho apa bedanya? Beda bangat, lahap yah silakan asal kau makan makananmu sendiri, bukan makanan orang lain atau makanan yang belum dipersilahkan kau makan.

Misalkan nih adik saya, Denny, makannya banyak bangat sampai badannya oversize. Kalau pagi mamah saya bikin telur dadar buat sarapan biasanya masih ada sisa dan biasa dihabiskan pas makan siang. Biasanya Denny suka makan siang duluan karena udah lapar duluan, nah dia pasti tanya …

“Ci, mau telur dadar?”

“Mau”

So, dia cuma ambil setengah aja telur dadarnya. Tapi 5 menit kemudian,

“Ci, mau telur dadar?”

“Iyah mau.”

“Yakin mau telur dadar?” tampang mupeng udah mulai on.

“Iyah mau.”

Gak lama kemudian …

“Ci, mau telur dadar?”

“Ya deh sana makan, abisin!” Capek juga ngeladeninnya lama-lama. Denny mah cengengesan aja dan langsung ambil piring telur dadar terus dituang deh ke piringnya semuanya.

Bagi saya, walaupun caranya rada maksa tapi apa yang Denny lakukan ini lebih baik daripada dia langsung makan semua jatah telur dadar tanpa bilang ke saya dulu. Setidaknya dia makan makanan yang sudah menjadi hak dia untuk dimakan karena saya persilakan dulu. Dan bagi saya ini bukan serakah tapi emang porsi makannya aja yang over dosis.

Lain lagi saat saya menemui kejadian yang hampir mirip. Di kantor,  biasanya saat meeting atau training, kita biasa order snack/lunchbox untuk konsumsi meeting. Nah biasanya si orang konsumsi ini sudah mengetahui jumlah peserta meeting dan dia akan memesan snack/lunchbox sesuai jumlah peserta training ditambah pembicara, dan bisanya dilebihkan 1-2 porsi. Nah, saat seperti ini biasanya si orang konsumsi ini menyediakan 2 jenis snack dengan asumsi masing-masing makan 2 buah snack yg berbeda.

Tapi tak jarang peserta training ini nyomot aja snack training ini sebanyak-banyaknya tanpa peduli apakah ada peserta lain yg bisa tidak kebagian. Dan ini saya alami sendiri saat melihat salah seorang rekan mengambil 3-4 potong snack tanpa malu-malu dan saya dan eks-atasan saya jadi sama sekali tidak makan snack itu. Saya sedih dan agak kesal, bukan karena saya tidak kebagian, tetapi karena saya tidak menyangka orang kantoran kok bisa begini, makan jatah orang lain dan tidak peduli apakah orang itu benar-benar memang tidak ingin makan snacknya.

Bagi saya ini seperti pencurian, bukan saya berlebihan, definisi mencuri adalah mengambil hak orang lain tanpa diizinkan, dan tidak beda dengan kejadian di atas. Walaupun bendanya sepele, cuma snack kecil tapi apa yg dilakukan membuat orang kehilangan haknya tanpa diijinkan.

Apakah pernah membayangkan kalau diri sendiri yang tidak kebagian snack pas training atau meeting yg menguras tenaga dan pikiran hanya karena rekan kerja kita pengen makan banyak? Bagaimana perasaannya? Lebih baik jika kita memang benar-benar lapar, mending minta aja deh, seperti yg dilakukan teman saya dulu …

“Yen, elo kan makannya dikit, gw makan yah jatah loe, gw belum sarapan nih.”

Ya udah, menurut saya ini lebih sopan walaupun ujung-ujungnya sama saya tidak makan juga tapi proses yang penuh santun ini bikin siapapun senang kan?

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

