My Journey, My Story, and My Dream

December 23, 2009

Pakai Helm di Kepala

Filed under: Cuma mikir — ayacerita @ 2:08 pm

Hmm, mungkin judulnya agak mengada-ada kali yah? Kan memang helm pakenya di kepala, memang dimana lagi? Yah, memang sih semua orang harusnya tahu pakai helm itu di kepala tapi kenapa yah masih ada aja tuh orang yang pake helmnya di tangan, alias, dipegangin aja, terus kepalanya gak dilindungi helm saat naik motor.

Aduh, kok berani bangat yah? Pakai helm itu bukan cuma peraturan tapi demi keselamatan kan? Dulu sih waktu awal-awal menjalani profesi sebagai pembonceng motor, saya agak cuek dengan helm, jadi beli helm cetok atau biasa disebut helm proyek seharga Rp15ribu aja, cuma demi memenuhi peraturan. Tapi pas itu helm gak sengaja jatuh dan gelinding di depan kost dan melihat helm itu langsung retak sepanjang helm, saya sampai kaget, kalau jatuh pelan gitu aja tuh helm udah retak, gimana dia melindungi kepala saya. Akhirnya sejak saat itu saya beli helm yang saya yakin bisa melindungi kepala saya.

Terus, gak satu dua kali kalau di jalan tiba-tiba ada helm gelinding gara-gara make helmnya gak benar, talinya gak dikancingkan, jadi kalau ada angin, langsung deh helmnya terbang. Selain berbahaya buat yg punya helm, kan sebenarnya helm yg tiba-tiba jatuh ini juga membahayakan pengguna jalan lain di belakangnya. Kalau mobil mungkin gak terlalu ribet, paling sial yah helmnya kelindas ban, tapi kalau yg di belakang banyak motor, mereka butuh manuver tiba-tiba untuk menghindari si helm yg tiba-tiba gelinding ini kan? Takutnya pas saat itu mereka lengah bisa jadi ada kecelakaan kemudian.

Dulu seorang teman pernah ditabrak mobil dari belakang saat mengendari motornya dan sampai masuk ke kolong mobil. Waktu itu dia pakai helm fullface dan mengancingkan talinya dengan cukup kuat, tapi ternyata talinya itu hampir putus. Waduh bayangin yah kalau dia cuma pakai helm asal tempel di kepala, bisa-bisa lukanya lebih gawat.

Memang pengendara motor itu lebih rentan kecelakaan di jalan raya, makanya penting bangat pakai helm yg aman melindungi dan dipakai dengan benar. Jangan lagi ah naik  motor tetapi helmnya malah dipegangin aja.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: