My Journey, My Story, and My Dream

January 19, 2010

Makan di Pinggir Jalan?

Filed under: Simple n ringan aja — ayacerita @ 10:40 am

Dekat kantor ada tukang bakso bakwan yg lumayan enak, yah untuk ukuran  Rp6ribu, enak lah yah. Tapi yang namanya tukang bakso gerobak tentu saja mangkalnya di pinggir jalan yang panas, berdebu, dan berasap. Saya biasanya menolak untuk makan bakwan ini pas siang hari, kala u sore masih bisa lah, matahari sudah turun jadi gak gitu panas.

Suatu hari sepulang kerja saya jalan kaki ke arah tukang bakso, pesan 1 mangkok tambah bakwan yg kriuk-kriuk itu. Saya duduk di bangku plastik, saat itu cuma ada saya dan sepasang muda-mudi yg lagi makan bakso. Sebelum pesanan saya siap, datang seorang mbak-mbak yg juga hendak makan bakso, saya kasih bangku plastik di sebelah saya, eh dia malah pindahin pas di balik gerobak.

 Terus dia bilang gini,” Saya malu mbak makan di pinggir jalan, mau ngumpet aja ah.”

Jreng … mulai deh otak saya berpikir, kalau malu makan di pinggir jalan mah, bungkus aja atuh. Eh gak lama kemudian dia menggeser arah duduknya jadi mantatin saya, saya sih cuek aja deh. Pas baru mulai makan bakso si mbak ngomong lagi.

“Maaf yah Mbak saya pantatin, saya sebenarnya malu mbak makan di pinggir jalan, apalagi kalau ada yg kenal, ih malu bangat deh mbak.”

Yah tanpa diduga serentetan kalimat meluncur dari mulut saya saking gemesnya.

“Mbak, ngapain malu? orang mbak bayar sendiri kok baksonya bukan dibayarin, harus malu kenapa coba?”

Terus saya lihat abang tukang baksonya cekikikan sendirian dan si mbak pemalu ini diam saja.

Yah saya sih gak ngerti yah kenapa juga harus malu makan di pinggir jalan, duit-duit sendiri, orang lain yg di dalam mobil juga mungkin gak peduli, jadi ge-er amat sih bakalan diperhatikan. Terus kalau memang ada yg kenal kita terus dia ngeliat kita makan di pinggir jalan memangnya kenapa? Apa iya gengsi dan wibawa bisa jatuh gara-gara makan di pinggir jalan gitu. Kalau saya lebih concern sama kebersihannya, bener bangat kan kalau makan di pinggir jalan itu berarti tidak bisa nolak tambah bumbu debu dan asap, makanya saya suka pilih-pilih bersih apa gak makanannya.

Banyak makanan enak di Jakarta yg cuma berdiri sekedarnya di pinggir jalan atau dulunya berlokasi di pinggir jalan. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, letaknya di pinggir jalan, tapi lihat pengunjungnya, gak habis-habis, ramai terus malah mungkin karena di pinggir jalan itu sensasinya jadi beda. Pengunjungnya pun banyak yg berdasi.

Di Yogya dekat RS Panti Rapih ada sup kambing yg ramai terus tiap malam, dia cuma buka 1 gerobak dan tikar di atas trotoar, benar-benar pas di trotoar, tapi lihat yg datang dan makan disana gak pernah sepi. Apa pengungjungnya malu kalau dilihatin orang dari dalam mobil/motor? gak juga, cuek aja tuh. Mereka makan halal dan duit sendiri. Jadi kenapa mesti malu makan di pinggir jalan  yah?

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

