My Journey, My Story, and My Dream

January 21, 2010

Dog People

Filed under: Simple n ringan aja — ayacerita @ 1:56 pm

Dulu di Amerika sana, pernah sifat manusia dibagi 2 antara dog people and cat people, alasannya sederhana karena sebagian orang suka anjing dan sebagian lagi suka kucing. Sifat-sifatnya disebutin satu per satu, saya sih tanpa membacanya langsung menyatakan saya ini dog people, karena yah saya sangat suka sama anjing.

Dari kecil seingat saya, saya sudah sering bermain dengan anjing peliharaan nenek dan nenek buyut, sampai akhirnya keluarga saya memelihara anjing sendiri. Pernah suatu hari saya diajak papah berkunjung ke rumah temannya, eh ternyata si om teman papah ini punya anjing yang baru saja melahirkan. Pulangnya saya membawa seekor anak anjing yang selama perjalanan ke rumah saya pangku dan pegang erat-erat takut anjingnya loncat karena saya membonceng motor papah saya.

Waktu kecil saat bermain-main denga n teman sebaya, tiba-tiba muncul seekor anjing liar yg ikut lari-lari mengejar anak-anak. Pertamanya kami semua takut, dipikir anjing itu mengejar karena mau menggigit, tapi lama kelamaan kami sadar, kalau kami lagi gak lari, dia diam saja, tapi kalau kami sudah mulai lari dia ikutan lari sambil menggonggong senang. Akh, dia rupanya ingin main. Sorenya, dia tidak pulang ke rumah majikannya, malah nunggu di depan rumah, mamah yg kasihan memberinya makan malam, sampai 2 hari kemudian tidak ada majikan yg mengakui dia, akhirnya dia resmi jadi anjing peliharaan kami.

Belum lama ini, anjing saya yg bernama Bogel meninggal karena tua, umurnya 11 tahun. Dia anjing terlama yg pernah saya miliki karena sebelumnya anjing-anjing peliharaan paling bertahan 5-7 tahun. Keluarga kami memiliki Bogel sejak dia lahir karena induknya juga milik keluarga kami. 

Kecintaan pada anjing membawa saya berkenalan dengan 1 organisasi; ICARE. Disini para aktivis berusaha melindungi anjing dan kucing liar yg tidak beruntung. Saya sempat mengadopsi salah satu anjing lewat ICARE, yah si poddy itu, yg sekarang sudah enjoy jadi anjing peliharaan yg nakal dan ngangenin. Lewat ICARE ini saya tahu kondisi anjing-anjing liar yg mengenaskan, yang jadi kurus dan penyakitan gara-gara tidak ada yg merawat.

Nah baru-baru ini saya pergi berkunjung ke Thailand, dan yah ampun, disana banyak bangat anjing, baik anjing peliharaan dan anjing liar. Yang saya heran, anjing liar disana, walaupun anjing kampung, tapi besar dan gemuk, seakan-akan ada yg punya. Mungkin karena orang-orang disana suka memberi makan anjing-anjing liar itu kali yah? Saya sih senang sekali melihat anjing-anjing yg sehat itu, walaupun mereka tidak punya majikan, tapi setidaknya mereka tidak menderita seperti nasib anjing liar di sini.

Semoga saja anjing-anjing liar di Jakarta bernasib baik juga seperti saudara-saudaranya di Thailand sana.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

