My Journey, My Story, and My Dream

February 25, 2010

List Belanja Kebutuhan My Baby

Filed under: Pregnancy — ayacerita @ 3:58 pm

Yah sesuai janji, ini nih list belanja kebutuhan bayi ku kemarin waktu di Ocha, ITC Kuningan.

  1. Popok bayi (1 lusin) – maunya beli 2 lusin, tapi kemarin di Ocha motifnya polos doang, jadi nanti paling beli 1 lusin lagi.
  2. Kain bedong (1 lusin)
  3. Celana pendek (1 lusin)
  4. Celana panjang (1/2 lusin)
  5. Celana panjang tutup kaki (1/2 lusin)
  6. Baju lengan pendek (1 lusin)
  7. Baju lengan panjang (1 lusin)
  8. Perlak plastic (1 pcs)
  9. Sarung kaki – tangan (1/2 lusin)
  10. Selimut (1 pcs) – maunya beli 2pcs, tapi gak ada warna lain
  11. Singlet ( 1 lusin)
  12. Washlap (1/2 lusin) – akhirnya cuma beli 3pcs, lagi-lagi karena cuma ada warna putih, gak ada warna lain.
  13. Slabber (1/2 lusin) – cuma beli 3 akhirnya, abis berasa mahal euy,  @18ribu, karena merk Carter kali yah, nanti deh beli lagi dimana gitu.
  14. Handuk bayi (2 pcs)
  15. Setelan baju+celana buat pulang dari RS (1 pcs)
  16. Selimut ada topi (1 pcs)
  17. Topi (2 pcs) – 1 buat di rumah, 1 buat jalan-jalan
  18. Minyak telon (1 pcs)
  19. Kapas bola-bola (2 pcs)
  20. Diapers New Born (max 30 pcs) – akhirnya beli yg merk Goon isi 22 pcs atas dasar kepercayaan pada si embak yg bilang diapers ini bagus.
  21. Kain kassa steril + alcohol untuk pusar (1 pack)
  22. Tissue basah non alcohol (2 pack)
  23. Kasur + bantal + guling + bantal peang – beli 2 buah, yg 1 buat kado teman kantor Bronsen yg istrinya baru melahirkan juga.
  24. Ranjang bayi – kebeli yang merk Coco Latte, sudah termasuk kasur tipis, baby taffel, kelambu, dan mainan yg digantung dan bisa bunyi itu, ranjangnya juga bisa jadi ayunan. Btw, karena motifnya rainforest, jadi warnanya hijau-biru gitu, dan musiknya berasa musik Tarzan yg lagi di hutan hihi. Nanti saya sediain juga deh musik-musik lain yg lebih mellow.
  25. Breastpad Pigeon isi 60 (1 pack)
  26. Breastpump Medela Mini Electric (1 pcs) – persiapan menjadi breastfeeding mother
  27. Cotton bud ( 1 pack) – sama embaknya dikasih yg merk Zwitsal yg ujungnya ada yg kecil n besar gitu, supaya kalau dipakai untuk membersihkan telinga, bisa jadi patokan agar tidak masuk terlalu dalam ke telinga.Sabun cuci botol (1 pcs)
  28. Botol susu merk Tommee Tippee yg wide neck (1 pcs) – beli yg 150ml, botol ini banyak direkomendasikan oleh ibu2 yg kasih ASI juga, biar baby gak bingung puting karena bentuk dotnya mirip puting ibu, plus udah BPA free juga, jadi aman untuk pemakaian berulang. Saya cuma beli satu, mau tahu dulu baby-nya bisa gak pakai botol ini.
  29. Deterjen khusus pakaian bayi (1 pcs) – ini di luar list, tapi si embak berhasil membujuk saya untuk beli, dan akhirnya kebeli juga deh, dan emang mentang-mentang khusus untuk bayi, harganya selangit, jauh bangat dari harga deterjen biasa.
  30. Sapu tangan (1/2 lusin) – ini juga atas bujukan si embak Ocha, yah dipikir-pikir emang berguna juga buat bersihin gumoh nanti.
  31. Kain tatakan ompol (1 lusin) – beli di online shop
  32. Jumper (1/2 lusin) – beli yang merk Carter di Online Shop
  33. Apron (1 pcs) – beli waktu Maternity n Baby Fair, sebenarnya kado buat sepupu yg lahiran tapi karena dia bilang dia malas pake apron, ya udah kadonya saya simpan buat saya saja deh.

Saya beli pakaian bayi memang agak sedikit soalnya mamah saya yg semangat menyambut cucu pertamanya ternyata juga sudah pesan segala jenis baju bayi minimal 1 lusin, yah daripada saya beli kebanyakan kan sayang. Selain itu, yg saya beli tidak ada yg ukuran newborn, semua ukuran M atau pakaian yg bisa dipakai mulai bayi berumur 3 bulan karena bayi saya diprediksi juga besar. Kemarin waktu kontrol 35wks, baby sudah 2,9kg dan panjang 48cm, sehingga perkiraan dokter pas lahir nanti bisa 3,3kg – 3,6kg. Gede bangat kan tuh, jadi daripada saya beli baju2 ukuran New Born, mending langsung beli yg ukurannya besar sekalian deh.

Yang belum terbeli karena di Ocha kosong :

  1. Betadine (1 pcs)
  2. Tutup botol plastic untuk botol ex UC (2 lusin) – saya kan sudah kumpulin botol ex UC untuk simpan ASIP nanti di kulkas, nah tutup kaleng botol UC harus diganti jadi tutup plastik karena takut karatan, kayanya bakalan beli di Carolus/online shop nih.
  3. Pembalut ibu melahirkan (Min 10 pcs) – kemaren gak ada, tapi di Carefour kayanya ada yah.
  4. Gifset Johnson isi sabun, shampoo, bedak, babycream, dsb (1 pcs)
  5. Kain gendongan (2 pcs)
  6. Stroller – yg bisa dipakai dari baru lahir sampe min 2 tahun dan ringan, tapi maunya yg murah juga. Ada gak yah?
  7. Tempat simpan baju bayi yg kotor dan baju yg bersih

Untuk gurita ibu dan stagen, saya pakai punya mamah saya. Gurita dan stagen jaman dulu lebih panjang daripada yg dijual sekarang lho. Jadi lebih mantap ngikatnya. Sedangkan untuk gurita bayi, saya gak mau pakai ah, banyak DSA yg melarang pemakaian gurita bayi sekarang dan menurut saya alasannya masuk akal. Soalnya jaman dulu bayi dipakein gurita katanya supaya gak masuk angin, biar perutnya gak gendut, dan buat nahan pusar yg belum puput; tapi menurut penjelasan yg saya baca justru bayi yg baru lahir itu memang perutnya gendut, nanti juga bisa kempes sendiri, atau bila memang bakatnya perunya gendut yah gendut aja. Terus pengikatan gurita yg terlalu kencang justru mengganggu sistem pernafasan bayi yg masih menggunakan pernafasan perut, dan pusar yg belum puput lebih baik diangin-anginkan biar cepat kering daripada diikat kencang nanti malah basah dan infeksi.

Last question, kalau sudah lengkap gini perlengkapan bayinya, kira-kira bikin wishlist apa yah buat nodong om dan tantenya? hehe …

PS : semoga daftar ini bisa berguna buat calon mommy yah, karena saya juga sebelum belanja banyak surfing di internet biar mudeng mau beli apa aja.

12 Comments »

  1. hai. salam kenal.
    aku juga sedang hamil. sekarang masuk bulan ke-8.
    pertengahan maret aku juga mo belanja di ocha. kalo berkenan, aku mo minta tolong neh.
    tolong dikirimkan list belanjamu beserta merk & harganya. jadinya kalo aku ke ocha aku ada perkiraan harganya.
    maap ngerepotin ya.
    terima kasih.

    Comment by desti — March 2, 2010 @ 12:33 pm | Reply

    • Halo Desti,
      Yang aku tulis di blog ini adalah list belanja-ku kemarin di Ocha. Untuk merk, kebanyakan barang Ocha adalah merk yg bagus yah, jadi adanya Navy, Moo, Sweety, jadi untuk harga emang rada mahal dibandingkan dengan merk biasa. FYI, di Ocha gak bisa nawar say, jadi harga mati semuanya, tapi kalau aku bandingkan bbrp barang yg aku tahu harganya di internet, seperti Medela Mini Electric, harganya sama aja deh. Aku beli Medela-nya 690rb, di online shop harganya antara 680-750ribu.

      Comment by ayacerita — March 2, 2010 @ 1:33 pm | Reply

  2. wah boleh tuh…

    Comment by ahmadi — June 14, 2010 @ 4:45 pm | Reply

  3. Aya…ocha itu dimana?

    Comment by Ancella — June 7, 2011 @ 2:12 pm | Reply

    • Yuhuuuu .. congratz yah hamilnya ..
      Di ITC Kuningan, sebelah Ambasador.
      Telp 57934604
      Lt1 Blok B4/5-6
      Datangnya siang aja, jam 12 baru buka soalnya.

      Comment by ayacerita — June 7, 2011 @ 2:51 pm | Reply

  4. Hi Mba Aya salam kenal,
    aku juga Insya Allah bulan depan dah mau lahiran,,,
    thanks banget yah info list belanjanya..
    kira2 budget nya habisin berapa yah??
    terima kasih ^_^

    Comment by Mummy Nurul — July 12, 2012 @ 4:09 pm | Reply

    • Selamat yah Mbak. Semoga baik2 aja yah sampai kelahiran nanti.

      Asumsi semua dibeli sendiri yah mba, jgn mengharapkan kado dan lungsuran hehe, bisa sampai 2-3juta.

      Comment by ayacerita — July 30, 2012 @ 3:58 pm | Reply

  5. Yenn.. g baca2 ulang blog elo yg masa2 pregnancy ini hehe.. Btw dari pengalaman, yg akhirnya bener2 kepake yg mana aja? N yg ternyata ga kepake yg mana? Kabar2i yaa.. *walopun masih jauh bangettt hehe*

    Comment by xoxoanna — August 8, 2012 @ 2:39 pm | Reply

    • gw bikin cerita baru aja kali yah na

      Comment by ayacerita — August 10, 2012 @ 1:03 pm | Reply

  6. […] ini merupakan jawaban permintaan Anna, di postingan yang ini, yang minta dari sekian banyak belanja kebutuhan bayi, tapi akhirnya gak pakai. Saya mencoba share, […]

    Pingback by Yang Gak Terpakai « My Journey, My Story, and My Dream — September 3, 2012 @ 1:42 pm | Reply

  7. Hi there, just became alert to your blog through Google, and found that
    it is truly informative. I’m going to watch out for brussels. I’ll appreciate if you continue this in future.
    Lots of people will be benefited from your writing. Cheers!

    Comment by How To Come Across Youngsters Designer Clothes — March 27, 2013 @ 10:47 am | Reply

  8. I always emailed this website post page to all my friends, since if like to read
    it after that my friends will too.

    Comment by Anonymous — July 23, 2013 @ 4:58 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

