My Journey, My Story, and My Dream

July 5, 2010

Naik Ojek

Filed under: Our Transportation,Simple n ringan aja — ayacerita @ 12:50 pm

Gara-gara di Bandengan ada pembangunan flyover, saya harus naik ojek setiap pulang biar sempet sampai rumah, ketemu Viriya, dan langsung menyusui dia. Nah ternyata dari jaman ke jaman naik ojek itu pasti yah ngalamin hal-hal yang jarang ditemuin kaya gini:

  • Berkali-kali naik ojek, gak pernah lewatin jalan yang sama, ternyata setiap tukang ojek memiliki pengetahuan akan jalan tikus yang berbeda-beda. Bahkan 2 hari yang lalu, si tukang ojek nyelip-nyelip gang rumah orang yang bener-bener sempit, saking sempitnya tangan saya bisa ngetuk pintu rumah orang lho.
  • Uji nyali saat si tukang ojek memutuskan untuk melawan arus. Sumpah; saya selalu menutup mata pas si abang nekat lawan arus, alasannya: “Lebih cepat begini, Mba.” Tukang ojek nyawanya banyak kali yah?

Paling malas kalau naik ojek itu adalah sesi tawar menawarnya, kalau udah punya langganan sih enak gak perlu nawar lagi. Kemarin waktu saya nawar Rp12ribu dari Kota ke rumah, si tukang ojek minta Rp15ribu padahal saya udah bilang tiap hari biasa Rp12ribu. Eh si Abang malah bilang gini, “Kan motornya beda Ci, yang ini matic, makan bensinnya lebih banyak, terus kalo matic kan dudukannya lebar lebih nyaman pantat gak pegel, ada tempat helmnya jadi yang naik ojek helmnya bersih.” Inilah tukang ojek terbawel yang pernah saya temuin.

Terus saya juga cenderung menggeneralisir sekumpulan tukang ojek yang mangkal di tempat tertentu. Contohnya waktu saya naik ojek dari stasiun ke kantor yang biasanya Rp5ribu, eh tiba-tiba pas sampe depan kantor si tukang ojek minta Rp7ribu, sebel bangat, apalagi pas denger temen yang naik bajaj dari stasiun cuma bayar Rp6ribu. Sejak itu saya tidak pernak naik ojek dari stasiun deh.

Terus saya juga malas naik ojek yang mangkal di stasiun Kota dan di depan museum Bank Mandiri karena pernah naik ojek yang tukangnya ingkar janji, pas pergi mau Rp12ribu, eh di jalan misuh-misuh, apalagi pas  macet, “Tuh kan Ci macet, biasanya Rp15 ribu nih kalau macet gini. Minta pengertian dong Ci.” Lah, waktu berangkat kan udah ngerti saya maunya bayar Rp12ribu, ini kok di jalan malah minta pengertian lagi, harusnya tolak aja dari awal dong. Sejak itu praktis saya mem-black list tukang ojek di tempat tersebut. Mendingan saya jalan sedikit sampai Kali Besar atau Jalan Kopi tapi tukang ojeknya bersedia dibayar Rp12ribu tanpa misuh-misuh.

Tapi pernah lho saya ditolak tukang ojek. Waktu itu ceritanya masih tinggal di Bekasi, pulang kerja naik kereta dan melihat jalanan yang macet bangat akhirnya niat mau naik ojek aja deh. Eh si abang tukang ojeknya nolak lho, alasannya : “Gak mau ah, macet!”

Ih sombong bener dah nih tukang ojek. Saya sampai jelasin kalau rumah saya itu sebelum perempatan sumber kemacetan, baru deh si tukang ojek mau. Pas saya baru nyemplak di jok belakang, eh ada ibu-ibu yg tiba-tiba komplain. “Lah kok mau Bang? Tadi sama saya gak mau.”

Dan si Abang menjawab dengan lantang,” Yang ini rumahnya deket Bu, gak macet-macet bangat!”

Ya ampun, sudah berapa orang penumpang yang ditolak si Abang tukang ojek dari tadi yah?

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

