My Journey, My Story, and My Dream

July 30, 2010

Mari Berhitung

Filed under: Breastfeeding — ayacerita @ 1:11 pm

Bapak ibu, calon bapak calon ibu, mari kita berhitung yuk betapa murahnya ASI itu … (tulisan ini dibuat karena ada beberapa orang yg komentar repot dan mahal melihat saya berjuang untuk ASIX)

Perlengkapan menyusui:

Breastpump Medela Mini Elektrik                             Rp  690.000

Freezer                                                                                 Rp 2.000.000

Botol kaca @Rp3.000×100 botol                           Rp      300.000

Cooler bag                                                                         Rp      200.000

Blue ice                                                                              Rp      100.000

Nursing apron                                                                Rp         85.000

TOTAL Rp 3.375.000

Bandingkan dengan pemberian susu formula, berdasarkan pengakuan beberapa teman, rata-rata dalam sebulan untuk 1 orang bayi mereka menghabiskan uang sebesar Rp 400 – Rp 700 ribu/bulan; mari kita ambil rata-rata aja Rp 500.000/bulan.

Jadi total investasi Rp 3.375.000 untuk ASI setara dengan 6,75bulan pembelian susu formula. Sedangkan investasi sebesar itu untuk ASI bisa dipakai untuk 2 tahun dan masih bisa dipakai lagi untuk adiknya nanti. Jadi terlihat kan lebih murah mana ASI atau susu formula?

Update : ada yg ketinggalan, sejak menyusui saya menggunakan breastpad yg harganya Rp 70.000/66pcs yang bisa dipakai 1 bulan, tapi tetap saja lebih murah ASI kan?

5 Comments »

  1. Hohohohoo….. sip2, info yg bermanfaat🙂

    Comment by Suanta — August 4, 2010 @ 4:27 pm | Reply

  2. Ada lagi yang kurang nutrisi buat ibu menyusui agar dapat mencukupi kehilangan nutrisi bagi ibu akibat tersalurkan melalui ASI kepada bayi juga mahal kan?

    Tapi yang terpenting di luar itu semua kandungan nutrisi dalam ASI yang sudah dikonversi secara luar biasa oleh tubuh seorang ibu menyusui tidak akan pernah tersaingi oleh kandungan nutrisi yang ditambahkan oleh mesin di pabrik susu…..

    Comment by Yeherdian — August 5, 2010 @ 10:38 am | Reply

    • Cukup makan makanan bergizi kok, sayur dan buah-buahan plus konsumi kalsium dan zat besi. Selama ini diusahakan minum susu segelas sehari dan tiap hari makan sayur dan buah. Kalsium dapet dari susu dan zat besi dapet dari sayur-sayuran seperti bayam.
      Yehe apa kabar? udah punya baby blm? ^_^

      Comment by ayacerita — August 5, 2010 @ 12:04 pm | Reply

  3. yenn.. breastpad apa tuh yg harganya Rp 70.000/66pcs? *masihsurvey*

    Comment by xoxoanna — January 15, 2013 @ 4:31 pm | Reply

    • lupa na.
      gw pake pigeon yg isinya banyak itu.
      kayanya sih segituan yah harganya.

      Comment by ayacerita — January 25, 2013 @ 1:12 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: