My Journey, My Story, and My Dream

August 20, 2010

Udah Nikah Belum?

Filed under: Cuma mikir — ayacerita @ 12:54 pm

Beberapa tahun lalu, ada teman curhat

“Yen, dengan kejadian ini, gw jadi mantap untuk hidup selibat, lupakan cowok, gw bisa mandiri.”

Reaksi saya waktu itu setuju-setuju saja apapun pilihannya.

Kira-kira 2 bulan lalu eh tiba-tiba ada undangan di Facebook mengabarkan bahwa sang teman akan menikah.

Reaksi saya saat itu, turut senang dong, namanya juga orang menikah kan.

Nikah atau gak nikah, kawin atau gak kawin menurut saya itu adalah hak asasi setiap manusia. Paling males kalau denger ada orang yang tiba-tiba nanya, “Udah nikah Bu?” Seenteng bertanya, “Sudah makan atau belum?”

Padahal nikah atau gak nikah itu kan urusan yang paling privacy, setiap orang bebas menentukan kapan dia akan menikah, atau bahkan tidak akan menikah sama sekali. Dan setiap orang juga punya alasan kenapa dia belum atau tidak menikah.

Tapi yang ditemukan di lapangan adalah kalau ada orang yang belum menikah sampai umur yang layak untuk menikah pasti banyak yang ngomongin:

“Pantes dia belum kawin, orangnya bawel/cerewet/mak lampir/kuper/pilih-pilih” dan lain sebagainya. Padahal gak jarang kita jumpai orang yang cerewet malah anaknya banyak ^^

“Oh, dulu dia pernah dilangkahin sama adiknya, makanya sampai sekarang belum dapat-dapat.” Yang ini nih dulu saya pernah dapat curhatan seorang teman.

“Gue bingung harus pasang tampang gimana nanti pas adek gw merit. Pasang tampang tersenyum ramah bahagia, orang pasti bilang ih kasihan yah belum dapet jodoh padahal orangnya murah senyum, kalau gw pasang tampang jutek, orang pasti bilang pantesan kakaknya belum merit, orangnya judes gitu” Sampai ketawa saya dengar keluh kesahnya waktu itu.

Yang saya bingung setiap kali orang bertanya tentang status ini, tidak kah mereka sebelumnya bisa berempati dulu. Bagaimana perasaan orang yang selalu ditanya tentang hal yang sama terus menerus. Pasti bosan bangat. Padahal orangnya sendiri mungkin enjoy aja dengan status singlenya, atau sebaliknya dia sendiri mungkin sedih dan bingung kenapa dia belum dapat pasangan, dan tidak perlu kan kita tambahin dengan pertanyaan sok perhatian, “Udah nikah belum?” Shhhhh.

3 Comments »

  1. Gw tau kyknya itu yg dimksd gw yah yen? Hahahhhaha
    Emg sih nikah itu panggilan Tuhan. Begitu juga jodohnya, ga akan ada yg tau dgn siapa dan kpn

    Comment by Juliana — August 23, 2010 @ 10:27 am | Reply

    • Bukan cuma elo sih say, ada juga temen gw yg lain gitu, tapi gw sih happy-happy aja apapun keputusannya.
      Cuma masih belum ngerti aja, kenapa urusan status ini kadang bikin orang lain repot yah? hehe

      Comment by ayacerita — August 23, 2010 @ 11:28 am | Reply

  2. Kalo gw analisa, kyknya org lain concern krn pengen kita bahagia aja sih ibarat naik kelas gt d. Kalo abis SMP yah lanjut ke SMA. Kalo blm merit itu kyk ga naik kelas. Tp klo dipikir2 emg agak mirip krn ujian org merit jg lbh bnyk hehehehhe

    Comment by Juliana — August 24, 2010 @ 12:49 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

