My Journey, My Story, and My Dream

August 24, 2010

Jangan Tiru Saya

Filed under: Simple n ringan aja — ayacerita @ 2:51 pm

Untuk hal ini, beneran deh, jangan tiru saya (kaya perbuatan saya yg lain boleh ditiru yah?)

Saya ini lulusan akuntansi, punya predikat akuntan lho karena kebetulan lulus sebelum 31 Agustus 2004 sehingga otomatis punya gelar akuntan, kalau sekarang kan harus kuliah lagi di PPAk baru dapet gelar akuntan. Terus kenapa saya memilih jadi akuntan? Itu semua karena teman.

Waktu SMA, saya sebal bangat sama akuntansi, kok yah tiap kali bikin neraca gak pernah balance, penyebabnya adalah si jurnal penyesuaian itu. Saya gak ngerti-ngerti kenapa sih harus disesuaikan, terus itu akun apa sih, neraca apa laba rugi. Alhasil waktu mau daftar UMPTN, saya daftar jurusan Manajemen, sama sekali gak tertarik sama yg namanya Akuntansi.

Karena karma baik dan hasil belajar keras, 2 bulan kemudian saya resmi pakai jaket kuning dan jadi mahasiswa jurusan Manajemen.

Di FEUI, semester 1 dan 2, semua mahasiswa di 3 jurusan mata kuliahnya sama dan urutan NPM itu adalah jurusan Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Dan kebetulan bangat sering kali saya yang NPMnya nomor buntut di jurusan mene, seringkali sekelas sama temen-temen jurusan Akun, malahan temen saya lebih banyak anak Akun daripada anak Mene. Nah itulah penyebab saya kemudian pindah ke jurusan Akun.

Entah kenapa pas udah kuliah kok pelajaran Akuntansi itu jadi gampang bener yah, padahal nama akunnya pake bahasa Inggris, tapi saya lancar-lancar aja tuh di jurnal penyesuaian dan bikin neraca yang balance. Terus akhirnya dibujuklah saya oleh teman-teman akun untuk pindah ke jurusan Akun, waktu itu sih syaratnya boleh pindah jurusan ke Akun kalau mata kuliah Pengantar Akuntansi 1 dan 2 dapat A, plus bujuk rayuan maut dari senior (saya sekarang lupa namanya siapa) yang bilang, “Jurusan Manajemen gak dapet project grant lho, kalau jurusan Akun dapet, nanti kita mau bikin lab komputer dan perpus sendiri.” Cih, saya termakan juga ternyata dan akhirnya pindahlah saya ke jurusan Akun.

Padahal saya benar-benar belum tahu jadi apa saya kalau saya kuliah Akuntansi, temen saya sih keren dia pilih akuntansi karena akuntan itu adalah profesi, jadi dia gak harus kerja sama orang lain, nah saya? Bingung deh.

Persiapan nol ini berbuah celaka dan malu-maluin, ceritanya ada perhimpunan mahasiswa jurusan yang namanya SPA. Oleh sobat saya yang udah masuk duluan saya dipaksa ikut, akhirnya ikutlah saya tes masuk yang diadakan hari Sabtu jam 2 siang, sadis bangat deh jadwalnya. Konon katanya masuk SPA itu susah bangat, tesnya susah, dan saya mentok di 1 pertanyaan.

“Sebutkan perusahaan apa saja yang disebut Big Five? (Bila ada).”

Waduh, saya bener-bener blank apa ini yah, hampir saya jawab Coca Cola, Unilever, IBM, tapi ragu-ragu, terus karena ada kata-kata “Bila ada”, akhirnya dengan keyakinan memadai saya jawab “GAK ADA”.

Hari Senin-nya saya hampir dicekek sama sobat saya itu gara-gara saya gak bisa sebutin soal standar yang mana semua mahasiswa akuntansi di Indonesia dan di dunia pasti tahu apa itu Big Five, tapi kok saya gak tahu yah, dan dengan pede jawab “GAK ADA”. Ternyata jawabnya adalah PWC, Deloitte, EY, AA, dan KPMG.

Yah, itu mah saya tahu haha …. tapi saya gak tahu kalau mereka itu disebut BIG FIVE. Kenapa sih soalnya gak disederhanakan aja kata-katanya hehe.

Terus apakah saya diterima di SPA? Tentu tidak ^^

2 Comments »

  1. huehehe.. gile yen, masih inget ajah soal testnya.. g aja udah ga inget lg tuh hehehe..

    actually g udah ga inget sih ngapain aja waktu di SPA, ga gitu berkesan..😛

    Comment by Annz.. — September 1, 2010 @ 3:52 pm | Reply

    • yah habisnya sering bangat ditanya kenapa dulu gw kuliah akuntansi, jd keingetan terus deh

      Comment by ayacerita — September 2, 2010 @ 9:28 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

