My Journey, My Story, and My Dream

January 24, 2011

Tas sekolah yang gede-gede itu

Filed under: Cuma mikir — ayacerita @ 1:24 pm

Pernah lihat anak SD sekarang kalau pergi sekolah?

Perhatikan deh tasnya, duh itu tas, kok gede-gede bangat yah sekarang, saking gedenya, tinggi tas hampir sama dengan tinggi yang punya tas, terus sekarang itu tas kok gak dipake jadi ransel lagi yah, tapi digeret-geret seperti koper yang ada rodanya.

Bingung euy, itu tas ternyata isinya buku semua, banyak bangat. Perasaan dulu waktu sekolah, bawa buku banyak itu pas sudah jaman SMA deh, ada buku tulis, buku paket, plus LKS. Kalau hari itu ada 5 pelajaran, yah berarti sudah harus bawa 15 buku. Tapi kok sekarang anak SD bukunya sudah banyak bangat yah sehari. Kasihan mamah/embaknya yg nganterin, keberatan bawain tas itu.

Anak SD sekarang memang sehari berapa pelajaran yah? Kayaknya pelajarannya sudah susah-susah yah. Bukan berarti dulu pelajaran gampang sih, tapi lebih masuk akal saja rasanya.

Kalau menurut seorang Bapak yang tidak bisa disebut namanya disini, jaman dulu, SD-SMP-SMA pelajaran gak terlalu berat, pas kuliah baru berat, tapi jadinya fresh, karena selama 12 tahun sudah disiapkan untuk kuliah, gak kaya jaman sekarang, jaman SD aja sudah sibuk bangat jadwal pelajaran dan lesnya, yang ada pas kuliah sudah stres duluan. Bener juga yah?

Saking susahnya PR anak SD sekarang, orang tua mereka sampai bikinin PR anaknya di kantor. Pertanyaan saya kemudian, apakah guru-guru sekarang tidak bisa mengukur kemampuan murid-murid SD mereka? Soal yang diberikan kadang susah bangat sampai orang tua turun tangan mengerjakan PR anaknya di kantor. Apa gurunya juga gak tahu yah, kalau PR yang rapi tulisan komputer, beserta warna-warni cerah itu sebenarnya bikinan orang tua mereka?

Terus yang menggelitik perut saya, saat mendengar soal ulangan umum anak teman kantor yang masih kelas 1 SD. Pertanyaannya : Dimanakah akte lahir dibuat?

Orang dewasa pasti familiar dengan kantor catatan sipil, tapi anak kecil umur 7 tahun? Alhasil banyak yang jawab “Rumah Sakit”, untung bukan dijawab di “calo” (kan kebanyakan orang gak mau repot urus surat-surat pengennya mudah langsung ke biro jasa aja).

Btw, jaman dulu kalau punya PR susah, tinggal nanya ke orang yang lebih tua, kalau sekarang tinggal buka internet, ketik dan search di google, duh enaknya, gak susah lagi bikin pe-er, apalagi bikin pe-er Bahasa Sunda. Jadi inget dulu kalau ada PR Bahasa Sunda, pasti maksa minta dianterin Papah ke rumah tetangga atau teman kerja Papah yang orang Sunda, kalau anak sekarang bagaimana yah?

3 Comments »

  1. Dulu sekolah ga komersil, satu ruangan cuma untuk 1 kelas saja, jadi buku2 pelajaran tuk seminggu bisa ditinggal di laci meja, bawa pulang pas ada pr en mau belajar buat ulangan besok, klu ga ya laci meja jadi locker, sekarang mana bisa lagi. Ditinggal di laci meja, besoknya hilang diembat orang lain…. Jadi lah bawa locker berjalan saja….😛
    Bahasa sunda? kan ada website kamus bahasa sunda….. http://tarjamah.sabilulungan.org/
    Mestinya sih zaman sekarang dah ga musim bawa buku berat2, kasih tablet PC ato Ipad yang bisa buka PDF, semua buku pelajaran dibikin PDF. Udah deh, bawa 1 buah doank… Berniat belikan Viriya Ipad buat sekolahnya nti??

    Comment by Yeherdian — January 25, 2011 @ 12:03 am | Reply

    • Ipad : hihi .. udah punya dong, gak liat baik2 foto di FB yg Viriya main sama Papahnya yah? itu apa coba kalau bukan Ipad .. walau gratisan ^&^

      Comment by yeny — January 25, 2011 @ 2:10 pm | Reply

  2. Anak di tempat les ku juga. Masih kelas 2 SD bahasa inggris udah ada simple present nya. Duh! Jaman sekarang pelajaran udah susah

    Comment by janeta — May 28, 2014 @ 9:07 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: