My Journey, My Story, and My Dream

February 23, 2011

Shopping Time

Filed under: Simple n ringan aja — ayacerita @ 2:43 pm

Pertama kali saya punya penghasilan sendiri rutin adalah saat jadi asisten lab waktu jaman kuliah dulu. Honor setiap kali ngajar 100rb/pertemuan ditambah honor koreksi, saya lupa, per mahasiswa. Di akhir semester yang kebetulan tepat jatuh bulan Januari menjelang Imlek, tanpa diduga, saya bisa mendapatkan uang sekitar 1 juta rupiah. Itu hasil honor sebulan sebelumnya, ditambah honor koreksi soal rutin mingguan, ditambah honor koreksi jawaban UAS yang 10rb/mahasiswa, ditambah lagi dengan honor mengawas ujian yang Rp30rb/sesi.

1 juta, wow, gede bangat nih. Akhirnya uangnya saya putuskan untuk beli baju buat papah, mamah, dan adik saya untuk Imlek nanti. Jadi ditetapkanlah 1 hari dimana saya ingin belanja seharian dan sendirian, gak usah ditemani sama Bronsen (yang pasti juga gak bakalan mau ditemani) atau sahabat-sahabat saya yang cewek seorang pun.

Jam 1 siang saya berangkat dari kost menuju Pladetol (jangan ditanya kepanjangannya yah, gak enak jawabnya). Seharian saya ubek-ubek tuh Pladetol, jam 5 sore, acara belanja kelar, apa yg saya inginkan semua dapat. Mau pulang, eh, pengen beli KFC dulu, bungkus, beli 2 porsi buat Bronsen juga. Sampe kost, tepar juga hehe.

Saya memang menikmati acara belanja apalagi kalau sendirian, rasanya lebih bebas. Cocok bangat sama Bronsen yang paling malas nemenin orang belanja. Pernah dia mau beliin saya baju, muter-muter seharian di Blok M Plaza, dia sudah kecapean nih, sampai akhirnya ketemu satu gaun hitam model kemben. Dalam situasi normal, Bronsen gak akan ijinin saya pakai baju yang agak terbuka gitu, tetapi karena kakinya sudah pegal dan mood udah bosen level 3, akhirnya dia bilang, “Yah udah ini aja deh, Ya, abis ini pulang yah” hehe.

Sampai akhirnya keluar pernyataan, “Nanti kamu beli sendiri aja baju/sepatu yang kamu mau, pas waktunya bayar, telepon aku.” Yah, biasa kalau acara belanja yang dia mau bayarin, pasti dia nongkrong di Gramedia aja, waktunya bayar, baru saya telepon dia.

Beberapa kali memang saya sempat membeli barang tanpa rencana dulu, impulsif sekali, tetapi lebih sering banyak rencananya. Suatu kali, saya bilang ke Bronsen, “SOGO lagi sale, mau beli baju kerja baru, sudah 1 tahun nih belum beli baju kerja baru.” Yah, kemudian saya meluncur ke SOGO, dan pulang dengan membawa 3 buah baju kerja baru.

Lucunya kalau saya memang tidak mau belanja saya pasti tidak akan belanja. Di Thailand, shopping di Platinum itu benar-benar menggoda, harga bajunya lebih murah daripada di sini. Tetapi saya sukses menahan diri hanya beli 2 baju seharga masing-masing 100baht (kalau dirupiahkan hanya Rp 30ribu). Mungkin karena waktu itu saya sedang hamil, jadi walaupun ada baju yang bagus dan murah, saya malas beli, takut membayangkan habis melahirkan badan susah kurus lagi, walaupun Bronsen bilang, “Kan bisa dipakai setelah melahirkan.” Tetap saja tidak tertarik membeli.

Terakhir kali belanja dengan penuh perencanaan adalah menjelang imlek kemarin. Saya bilang ke Bronsen,

“Aku mau ke Sarinah.”‘

“Ngapain?”

“Beli baju buat aku, kamu, papahku, mamahku. Buat papah mamahmu kemaren udah beli di Mangga Dua.”

“Ok.”

Akhirnya, jam istirahat kantor saya ke Sarinah. 1,5 jam buat mutar-mutar cari baju, dapat semua, ditambah 1 kaos untuk Denny. Terus pas pulang karena buru-buru udah hampir jam 13.30, saya lupa menukar struk belanja dengan suvenir, sayangnya.

Yah, bagaimanapun shopping sendirian menurut saya istimewa. Benar-benar “me time”. Bisa puas mutar-mutarin lantai 1, 2, 3  balik lagi ke lantai 2, 1, dst, gak usah pakai pola, insting saja. Kalau sudah dapat semua barang yang diinginkan, bayar, dan telepon Bronsen, “pulang yuk Yang, udah dapat semua nih.” Hehe.

1 Comment »

  1. Buat yang bertanya tapi tidak jadi karena Aya melarang… Pladetol itu singkatan dari Plaza Depok T*lol… Nggak tau anak UI sekarang pake jokenya apa untuk Plaza Depok, tapi joke ini lumayan beken pas masa masa gua dan Aya kuliah dulu… tujuannya ya mocking orang yang bertanya…

    mirip mirip ama joke “cium dulu p*nt*t gua” untuk pertanyaan “binatang apa tuh”… nah yang tau joke ini, keknya yang kurang lebih umur 30-an, karena setau gua joke yang satu ini malah rada beken pas gua SD…

    Comment by Bronsen — February 27, 2011 @ 4:10 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

