My Journey, My Story, and My Dream

April 16, 2011

Habis Melahirkan

Filed under: Curhat emak-emak — ayacerita @ 11:22 am

Babyblues, pernah dengar kan? Sejauh yang saya tahu itu semacam depresi paska melahirkan yang melanda ibu-ibu, sebabnya gak tahu, ada yang bilang karena merasa tidak mampu menjaga bayinya. Dari sharing di milis, seram-seram juga ceritanya si Babyblues ini, ada yang jadinya merasa benci sama anaknya, sama suaminya, dan lingkungannya, sampai-sampai menarik dirinya dari lingkungannya, dan macam-macam lagi.

Saya pikir saya juga hampir tuh mengalami Babyblues pada saat hari dimana saya kembali di Rumah Sakit, bukan karena harus menghadapi Viriya yg bangun hampir tiap jam di malam hari tapi karena “sambutan” dari mamah dan mamah mertua saya. Sambutannya berupa PANTANGAN yang benar-benar di luar logika.

Mamah saya orang Bekasi.

Mamah mertua saya orang Medan.

Hasil akhirnya adalah pantangan yang harus saya jalankan dua kali lipat lebih banyak.

Mulai dari gak boleh keramas sampai 12 hari, yang langsung saya langgar karena di hari ke tiga saya nekat keramas di RS (tapi masih lebih baik 12 hari, teman kantor saya ada 1 bulan gak boleh keramas hiiiiiii). Tidak boleh makan yang dingin-dingin, tapi langsung dilanggar pada hari ke 2 karena saya minta Anna bawain saya es krim (pas hamil saya kan disuruh diet karbohidrat dan gula, jadi apa salahnya pas udah melahirkan saya mau makan yg manis-manis kan?), dan langsung dibawain Baskin Robbins. *enaknya

Gak boleh kena angin, nanti masuk angin katanya. Gak boleh makan ini itu dengan alasan yang tidak jelas. Dan pada puncaknya adalah pada saat saya dilarang tidur siang karena katanya akibatnya darah putih bisa naik ke mata! What? Saya benar-benar ngamuk waktu itu, malam gak bisa tidur, siang juga gak boleh tidur dengan alasan aneh begitu. Saya sampai berkata, “Matiin aja sekalian deh Mah”

Belum lagi harus ciapo (makan sehat ala orang Cina) di antaranya harus makan ayam arak yang sama sekali gak enak, makan kice yang pahit. Saya menolak untuk makan ciapo sampai 2 minggu karena saya caesar. Masih terbayang di ingatan saya saat rekan kantor menceritakan bagaimana istrinya pendarahan dan harus dirawat di RS kembali setelah makan ciapo. Walaupun dengan embel-embel, “Cici ini ciapo gak kenapa-napa, si anu makan aja tuh walau caesar” Sumpah, saya paling sebal dengan alasan ini, karena bagi saya itu semua cuma testimoni tanpa pertanggungjawaban, karena jika saya benar-benar ciapo dan tubuh saya menolak dan terjadi pendarahan, orang-orang itu cuma akan berkata, “Yah, sama si anu si itu si xxx enggak kok” atau “Wah berarti tubuh loe sensitif bangat yah” atau “Tiap orang beda-beda sih yah”.

Jadi walaupun dengan sedikit ancaman kalo gak ciapo nanti kalau tua badan saya akan gampang sakit-sakitan, dengan sukses saya tetap menolak makan yg aneh-aneh, saya mau makan yang wajar-wajar saja. Dasar pemikiran saya, habis melahirkan itu butuh tubuh yang sehat untuk mengurus anak, jadi semua makanan sehat, yah, makan aja. Dan tubuh pun harus bersih, gak bau asem dan dakian, rambut pun bersih gak ketombean dan kutuan, karena gak boleh mandi/keramas karena kita kan mau ngurus bayi. Masa iya gendong dan peluk bayi dengan badan bau asem.

Itu lah kenapa kadang saya berpikir Ibu Baru Melahirkan tuh sudah capek melahirkan dengan segenap tenaga dan taruhan nyawanya, badan belum pulih 100% masih harus mengurus bayi, janganlah diganggu lagi pikirannya dengan pantangan-pantangan tidak jelas. Kalau sampai babyblues, kasihan ibu dan bayinya kan?

1 Comment »

  1. setuju…..

    Comment by Melodiez Lafft Awen — August 31, 2013 @ 6:56 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

