My Journey, My Story, and My Dream

June 8, 2011

Anak Kecilku

Filed under: Viriya — ayacerita @ 11:46 am

Yah anakku memang masih kecil, masih 14 bulan lebih, namanya Viriya (*masih perlu dikenalin lagi gak sih?).

Sudah lama nih gak cerita soal Viriya yah. Mau cerita dikit ah. Sekarang Viriya sudah bisa jalan di usianya yg menjelang 14 bulan kemarin. Nah acara bisa jalan ini memang ternyata kadang bikin ortu runyam yah, apalagi kalau sudah ada kompor meleduk yang gak perlu yg suka bangat ngomong gini waktu Viriya umur 11 bulan:

“Kalau dulu anak gw umur segini udah senang dititah, makanya 11 bulan udah bisa jalan.”

“Ih Viriya-nya malas nih kalau disuruh jalan, kalau dulu anak gw mah pengennya jalan-jalan, dorong-dorong mainannya.”

Sumpah, kalau ada orang kaya gini, ambil tissue gulung, terus gulung seluruh badannya, jadiin mumi, masukin ke gudang deh. Kenapa? karena komentarnya benar-benar tidak perlu dan untuk sebagian mamah, malah bisa kemungkinan jadi bikin panik yang gak perlu.

Saya sih gak khawatir, baru 11 bulan belum bisa jalan, yah kenapa, toh sebelumnya saya sudah berbekal banyak ilmu, di antaranya dari babycenter ini. Jadi kalau memang belum bisa jalan saat ini, yah mari ditunggu saja, kecuali kalau sudah tahap “warning“, di usia 18 bulan belum bisa jalan, barulah kita meminta bantuan pada yang ahli.

Nah dari sejak bisa jalan ini, Viriya tuh rasanya tambah aktif. Yah, sebelumnya Viriya adalah termasuk “spirit child“, anak yang aktif bangat, saya gak mau sebut hiperaktif yah, karena istilah hiperaktif itu banyak bangat artinya dan setidaknya harus konsultasi dulu sama psikolog baru bisa dibilang hiperaktif.

Viriya tuh gak bisa diam, diamnya cuma pas tidur. Implikasinya kalau makan di luar harus yang menyediakan kursi bayi supaya Viriya bisa “diikat” di situ hehe. Soalnya pernah nih makan di Pizza Hut dan kebetulan kursi bayinya habis, alhasil saya dan Bronsen sama sekali tidak bisa menikmati makanan. Dari sebelum pesanan datang, semua barang di meja diberantakin, padahal di meja ada pisau dan garpu. Dan biasa di pizza hut kalau kita makan yang di sofa, lampu hiasnya itu rendah sekali, dan Viriya dengan niatnya yang besar ingin memegang dan bergelantungan di lampu itu.

Pas makanan datang, yang ada semuanya ingin dipegang dan diacak-acak. Akhirnya salah satu harus mengalah, siapa yang makan duluan, siapa yang jaga Viriya, begitu seterusnya.

Dari bisa merangkak dan kecepatan merangkaknya bisa dibilang di atas rata-rata seumuran dia, Viriya sudah bisa naik tangga, uppsss dah, dan hobinya manjat-manjat, apa aja dipanjat. Box mainannya, kursi makan, tempat tidur (untung selama ini Viriya lancar turun naik tempat tidur sendiri), pagar, dan bisa manjat keluar dari ranjang bayinya, alamak.

Nah selain kemampuan motorik kasarnya itu, Viriya juga udah lumayan bisa ngomong beberapa kata. “Mamah, papah” udah lancar. Terus bisa ngomong “gajah” tapi akhirnya semua hewan dibilang gajah, dan bisa ngomong “apel” yang pada akhirnya semua buah disebut apel.

Terus kemarin dulu tuh sempet agak ngomel gitu ke Viriya waktu handukin dia habis mandi, belum selesai handukannya, dia sudah lari-lari keluar kamar, terus saya tangkap dan terusin handukannya plus langsung pakai baju, sambil saya ngomong,

“Ampun deh Viriya gak bisa diem, ampun deh Mamah, ampun deh.”

Terus pas udah selesai pakai baju, akhirnya, dia lari menjauh sambil teriak “Aaaaammmmmmmmmm ppppppuuunnnnn” tambah satu lagi perbendaharaan katanya, tapi hati-hati bicara depan anak yah, anak pandai meniru. Untuk milestone bicara bisa cek disini yah.

Kata-kata lainnya seperti “mam, bobo, popoh, kia-kia (bhs Hokkian), asem, ta-ta (manggil saudaranya yg namanya Pita), neh (buat nenen), bonbon (nama temennya Pikachu yg saya karang sendiri)” dan beberapa kata lainnya.

Terus mau cerita apa lagi yah, hmm, oh iya Viriya tuh punya hobi narsis haha, gak tahu ngikutin siapa nih. Awalnya tiap kali saya pakaikan topi, dia kan gak suka, terus saya suka bawa ngaca di cermin lemari, sambil bilang “Viriya kan jadi cakep kalau pakai topi.”

Nah gak tahu tepatnya kapan, setiap kali dia pakai sesuatu yang baru, terutama topi atau kacamata, dia akan langsung nyari cermin buat ngaca dan senyum-senyum bangga. Masalahnya, kepalanya saya kasih kelambu juga dia langsung ngaca dan senyum-senyum hehe.

Sabtu kemarin Papah saya mau pergi ke pasar proyek, saya dan Viriya mau ikut, saya pakaikan Viriya diapers dan jaket.

“Hayo Vir, kung-kung udah nyalain motor tuh.”

Nah jaketnya itu kan ada topi kupluknya gitu kan, pas sudah selesai rapi pakai jaket plus kupluk, dia buru-buru jalan tapi bukannya ke arah motor, tapi belok kanan dulu ke samping rumah buat …. NGACA!!!

Yah Viriya ngaca di jendela, gak ada cermin, kaca jendela pun jadi hihihi.

Dan kung-kungnya pun bingung, “Ya ampun, bukannya buru-buru pergi, malah ngaca dulu.

3 Comments »

  1. He he he . . .
    Nice story, Ya.
    Xavier juga baru bisa jalan agak lancar di usia ke-14 bulan-nya.
    Sekarang sih lagi seneng2nya keliling rumah.
    Lahirnya beda 1 minggu persis sama si Viriya.
    Jadi inget seberapa stress-nya Ko Bronsen waktu mau lahiran Viriya dulu ya. Karena waktu itu pas banget mau disuruh perjalanan dinas ke India.

    Comment by antoniusprima — June 8, 2011 @ 3:50 pm | Reply

    • Wah namanya Xavier yah? salam kenal dari Viriya yah.

      Hehe .. memang deh dia lebih memilih lahir ditemanin papahnya, walaupun gw lagi mules2 gitu, masih ada yg nanya “kalau lahirnya hari ini, besok mau berangkat gak?” oh please deh.
      Yah setidaknya jadi kenangan yg lucu deh.

      Comment by ayacerita — June 11, 2011 @ 11:09 am | Reply

      • sebelumnya, orang yang sama juga bertanya kalo lahir pagi, diminta ngurus nyusul hue hue hue

        Comment by Bronsen — June 11, 2011 @ 6:55 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: