My Journey, My Story, and My Dream

July 28, 2011

Membelah Jakarta

Filed under: Our Transportation — ayacerita @ 1:00 pm

Ups, per minggu lalu, saya sudah di kantor baru (*penting gak sih ada berita begini?). Letak kantor baru ini bikin saya harus membelah Jakarta tiap hari. Bayangkan, saya tinggal di Jakarta Utara dan bekerja di Jakarta Selatan, mantap kan tuh?

Jangan tanya saya naik apa ke kantor, karena sebagai angkot mania, sekarang saya terdaftar sebagai fansclubnya bus TransJakarta, atau busway. Wuih, tiap hari naik TJ dari halte Jembatan Tiga, terus transit di Kuningan, pindah TJ yg jurusan Ragunan. Mantap, makan waktu 1,5 jam untuk sekali jalan, paling cepat.

Naik TJ itu enak, kalau sudah di dalam bus, tinggal tunggu sampainya aja, gak usah repot-repot mikirin capek dan macet. Makanya, mungkin saya agak2 berterima kasih pada gubernur terdahulu yang merilis bus TJ ini. Walaupun banyak kecaman, tapi sebagai angkot mania dan warga Jakarta yg setia menuntut diperbaikinya sistem dan fasilitas transportasi umum, saya sangat menyambut dengan senang hati adanya bus TJ ini.

Perjalanan 1,5 jam ke kantor itu cuma bisa ditempuh kalau naik busway lho, karena kalau bawa mobil sendiri, pasti gak bakalan nyampe tepat waktu. Udah harus cari jalan alternatif yg tdk 3 in 1, kena macet pula. Wuiih mendingan naik bus TJ deh.

Hmm, tapi kenapa yah jumlah bis TJ itu masih belum maksimal? Lihat aja deh jam pulang dan pergi kerja, penuh. Waktu tunggu juga lebih lama. Seandainya bus TJ ditambah yah jadi lebih banyak. Daripada bikin flyover Tanah Abang dan Antasari itu, mendingan duitnya buat beli bus TJ deh, dapat berapa coba tuh. Kalau proyek flyover itu kan kesannya untuk memuaskan pengguna mobil pribadi, nah kalau bus TJ itu kan memuaskan kebutuhan pengguna bus TJ yg kebanyakan juga tingkat ekonominya gak tinggi-tinggi bangat.

Yup, anda pengguna setia bus TranJakarta juga?

2 Comments »

  1. Pertanyaan yang lebih tepat kenapa sih bis tj itu ga bisa jalan dengan jeda yang benar, sehingga seing kita lihat sekali datang 3 sampai 5 bis sekaligus berderetan. Otomatis sekalinya ga ada bis yang sampai ya tunggu lama deh…
    Sebagai pecinta KRL (jaman kuliah dulu) kan ada yang namanya sinyal di setiap stasiun, yang mana jika di stasiun jayakarta lampunya merah, berarti kereta baru saja berangkat dari sta Jayakarta menuju sta. mabes. Kalu di sta jayakarta dah kuning berarti kereta yang tadi itu dah berangkat lagi ke sta sawah besar, dan seterusnya… Harusnya sistem ini diadopsi dong… Secara jarak antar halte juga tidak terlalu jauh (bisa dijangkau dengan HT). Harusnya begitu bis di halte A sampai di halte B, maka bis di halte A siap2 berangkat, pas dapat pemberitahuan bis di halte B dah berangkat, maka bis di halte A diberangkatkan juga… sehingga jika 1 koridor ada 15 halte, maka bisnya paling tidak ada 30 unit. Jadi waktu jeda = jarak antara kedua halte dibagi dengan kecepatan bis berjalan (Fisikanya diingat lagi ya). Tapi yang paling penting tidak ada kejadian bis datang bersamaan dan bis lama banget ga dateng gara2 bis di monas sekali dateng 5, sementara bis berikutnya baru di Senayan…..

    Comment by Yeherdian — August 25, 2011 @ 9:10 am | Reply

    • Kenapa sih loe gak join aja di BLU TJ? setidaknya biar tambah orang pinter 1 aja gitu, biar keliatan intelek dikit deh hehe.
      Pernah nih mau naik TJ pas jam buka puasa, gw gak dilayanin beli tiket, yg ada mbaknya malah ngomong “lama mba nunggunya, bisa 1 jam”, yah dipikir drpd naik kopaja, gpplah nunggu.
      Beli tiket, eh 5 menit kemudian datang tuh bus TJ. Bener2 deh, kalo kata orang finance, “assymetric information” informasi tidak tersebar dgn baik di antara para petugas busway. (hhhhh menghela nafas).

      Comment by ayacerita — August 25, 2011 @ 2:19 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: