My Journey, My Story, and My Dream

September 5, 2011

Mimpi di Bulan-bulan

Filed under: Cuma mikir,Our Transportation — ayacerita @ 1:06 pm

Mengapa Bronsen mau saya ajak untuk beli rumah di Summarecon Bekasi, yang letaknya tepat di utara jalan kereta, yang macet mulu kerjanya? Mengapa orang lain juga mau yah berbondong-bondong ngantri beli rumah di Summarecon Bekasi?

Kalau menurut saya, sekali lagi ini menurut saya, itu karena pihak Summarecon Bekasi (selanjutnya kita singkat aja jadi SB yah), berani berinvestasi membuat jalan layang (flyover) yang menyeberangi jalan kereta, dengan kata lain mewujudkan mimpi saya dan semua warga Bekasi Utara tentang rencana pembangunan jalan layang yang gak kunjung jadi-jadi itu.

“Bulan-bulan” itu sebutan buat daerah di sekitar stasiun Bekasi yang sangat terkenal sekali macetnya. Macet karena jalan kereta di Bulan-bulan itu banyak bangat dilalui kereta, bukan hanya KRL Jabotabek, tapi juga kereta jarak jauh yang ke Jawa (kaya Bekasi bukan di Jawa yah?). 5 menit sekali, teng tong teng tong, suara khas tanda palang pintu kereta diturunkan karena kereta mau lewat pasti kedengeran, dan menderitalah semua orang menuggu kapan bisa melalui jalan kereta ini.

Hampir 20 tahun lalu, rencana pembangunan jalan layang sudah terdengar. Bahkan ada orang yg bilang rumahnya sudah diukur-ukur sama Pemda. Rumah yg terletak di pinggir jalan pasti kena pembebasan, katanya bisa kena 4 meter kanan kiri. Bahkan ada yg bercanda, “Ih nanti rumah gw di kolong jalan layang dong.”

Terus hilanglah berita rencana itu, bertahun-tahun kemudian, kedengeran lagi mau dibangun, terus hilang lagi, hilang lagi, dan akhirnya cuma jadi mimpi.

Bandingkan dengan pembangunan jalan layang Bandengan dan Angke yang “hanya melewati 2 jalur kereta api ke Tangerang” itu pun keretanya jarang lewat, sehari gak sampai 10 kali. Tapi sekarang coba lihat, jalan layangnya sudah gagah perkasa, orang-orang yg lewat sana pun melupakan 2 tahun pengorbanan bermacet ria demi si jalan layang. Lah ini, Bulan-bulan yang dilewati kereta setiap 5 menit sekali, jalan layangnya cuma mimpi, penduduk tambah banyak, kendaraan tambah banyak, tambah macet berkali-kali lipat,  dan sebelnya gak ada satu pun calon walikota waktu Pilkada kemaren yang berani bikin proker ‘BANGUN JALAN LAYANG BULAN-BULAN” grrrrrr.

Nah makanya rencana SB untuk bangun jalan layang yang menghubungkan Bekasi Selatan dan Bekasi Utara itu sangat sangat disambut dengan baik sekali. Semua menaruh harapan supaya jalan layang cepat kelar tapi dengan kualitas yg baik karena bukan hanya penghuni SB yang boleh lewat, semua orang juga boleh lewat jalan layang ini. Bayangkan betapa sumringahnya kita saat lewat di atas jalan layang dan memandang ke bawah melihat kemacetan yg dulu harus disantap tiap hari.

Apa Direktur-nya SB kita calonin aja yah di Pilkada Kota Bekasi mendatang?

2 Comments »

  1. Sekarang jalan layangnya udah mulai dibangun yen? Rumahnya sendiri udah mulai dibangun? Enaknya sih kalo jalan layangnya selesai harga rumahnya pasti makin naek hehe..

    Comment by xoxoanna — September 6, 2011 @ 12:56 pm | Reply

  2. Waktu minggu lalu ada tayangan di Metro TV yg program wonderful living, itu ada khusus report soal Summarecon Bekasi. Kelihatan deh tuh udah sejauh mana pembangunan rumah dan jalan layangnya.

    Comment by ayacerita — September 8, 2011 @ 9:24 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: