My Journey, My Story, and My Dream

September 29, 2011

Trial and Error

Filed under: Curhat emak-emak,Keluarga — ayacerita @ 12:51 pm

Hari minggu kemarin, saya mengikuti sebuah “kursus kesehatan” yg diselenggarakan oleh Yayasan Orang Tua Peduli yg namanya PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak untuk Orangtua) di Bekasi. Yah karena masih jadi tahap belajar menjadi orang tua baru, terus dengan motivasi semoga berada di jalan yg lurus dalam membesarkan Viriya, saya merasa perlu untuk mengikuti kursus ini.

Pertemuan pertama kemarin masih membahas soal ASI, imunisasi, dan kehamilan-melahirkan. Pas bagian pembicaranya dr.Wati di sesi terakhir, beliau memberikan statement yg lucu tapi maknanya “dalem”, kira-kira begini”

“Jangan bilang karena baru jadi orang tua, jadi wajar kalau salah-salah sedikit dalam mengasuh anak terutama kalau sedikit-sedikit anak di bawa ke UGD/dokter, kalau begitu tidak ada satu pun calon bayi yg mau dilahirkan jadi anak pertama, karena pasti alasannya, “Gak mau ah dilahirin di sini, emak bapak gw masih trial and error” hahaha ngena bangat yah?

Memang sih rasanya excited bangat pas tahu mau jadi orang tua, apalagi sebagai wanita hamil pasti bahagia sekali rasanya karena kita mendapatkan kasih sayang lebih dari orang-orang di sekitar kita. Tapi bukan berarti untuk menyiapkan kehadiran buah hati kita hanya terbuai untuk shopping baju-baju lucu, pernak-pernik bayi yg dijual OL Shop yg sekarang makin banyak jumlahnya. Pengetahuan mengenai bayi yg baru lahir juga sangat perlu kita hunting. Seperti imunisasi apa aja sih yg harus dilakukan 12 jam setelah bayi lahir, terus mengapa bayi kita dapat buku tumbuh kembang dari RS, terus kenapa itu kok jadwal imunisasi banyak bangat yah, imunisasi apa sih emangnya, terus kenapa perlu, bukannya buang-buang duit aja yah?

Dulu, sebelum kenal milis Sehat dan rajin baca-baca soal kesehatan anak, saya sempat berpikir biar Viriya diimunisasi “wajib” aja (yg versi pemerintah), karena gak dibayarin asuransi juga plus kok gak berasa perlu-perlu amat dan mahalnya amit-amit. Tapi setelah mendalami dan mikir, daripada Viriya nanti kena cacar air, apalagi pas dia sudah masuk sekolah gitu, kok kasihan bangat rasanya yah, udah menderita karena demam, badan gatal, pusing, lemas, (ini kata orang yg udah pernah cacar air yah, jd bukan pengalaman sendiri, soalnya saya sampai saat ini gak pernah kena cacar air) terus harus rugi gak bisa sekolah sampe 2 minggu, plus biaya-biaya dokter dan obat; lho kalau ditimbang-timbang secara rasional, mendingan saya imunisasi Viriya sekarang yg “cuma” 200ribu terus sakitnya cuma disuntik aja, daripada nanti dia lebih menderita dan lebih mahal.

Saya juga berasa manfaat yg besar sekali dengan kenal milis ini dan baca bukunya, saya jadi gak pernah panik kalau Viriya muntah atau demam tinggi. Karena banyak teman yg langsung membawa anaknya pas muntah dan demam tinggi ke RS dan pulangnya bawa oleh-oleh obat sebakul yg mana perlu/tidak perlunya pasien tidak pernah tahu. Karena begitu gampangnya kita membawa anak ke dokter dengan dalih “sayang/perhatian”, mamah saya sendiri pernah memberikan uang ke sepupu yg anaknya (seusia Viriya) batuk pilek untuk ke dokter. Jadi waktu Viriya batuk pilek dan orang tua memaksa ke dokter untuk minta obat, dengan guideline yg ada, saya bertahan untuk tidak pernah kasih obat apapun saat Viriya bat-pil. Buahnya saya lihat sendiri sekarang, kalau batuk-pilek, paling lama 3 hari sudah sembuh, tubuh Viriya sudah membentuk antibodinya sendiri. Bahagia rasanya.

Mari yuk teman-teman calon mamah-papah atau yg orang tua baru macam saya dan Bronsen, jangan jadi orang tua yg “trial and error”, kasihan anak kita nantinya. Saya pun masih belajar sampai sekarang, belajar kesehatan anak. Karena kalau Viriya sudah remaja, tantangannya pasti lebih besar lagi nanti, bukan sekedar kesehatan batuk pilek demam tinggi diare.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: