My Journey, My Story, and My Dream

July 30, 2012

MRT dan Playgorund

Filed under: Curhat emak-emak,Our Transportation — ayacerita @ 4:51 pm

Beberapa bulan lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Singapura, gara-gara urusan kantor sebenarnya. Saya bilang kesempatan, soalnya Bronsen bakalan nolak setengah mati kalau saya ajak liburan ke Singapura dan Malaysia, menurut dia, “Ngapain? lebih bagus Indonesia.”

Jadi, saya anggaplah kesempatan gratis ke Singapura saat itu benar-benar berkah. 3 hari disana, benar-benar bikin saya ngiri, bukan ngiri pada barang-barang SALEnya yg kadang menggoda iman, tapi pada sarana transportasi dan arena bermain anak yg ada dimana-mana dan gratis pula.

Sebagai pecinta transportasi umum, saya begitu terpesona pada MRT. Bayangkan dari ujung barat ke ujung timur singapore bisa ditempuh dalam waktu 40 menitan. Bandingkan dengan saya yg tiap hari dari Jakarta Utara ke Jakarta Selatan, paling cepat 1,5 jam, dan itupun jaranggggggg terjadi.

Kedatangan MRT yg sering bangat, bahkan kalau kelewatan 1, kita tidak akan merasa menyesal karena gak lama kemudian pasti datang lagi. Udah gitu, gak harus kena macet kaya busway, atau nunggu kereta eksekutif jalan kaya naik KRL Commuter, beneran impian para penggguna transportasi umum di Jakarta. Plus satu lagi, di MRT kita boleh pakai baju apa aja, mau baju casual bahkan baju pesta, penumpangnya cuek bebek. Gak kaya di sini, pakai baju pesta mau naik angkot/busway, bawaannya pasti ribet dan diliatin orang sepanjang jalan, udah gitu ada resiko pas turun dari angkot digelandang sama ormas karena pakai baju kekurangan bahan.

Ngiri? yah jelas ngiri. Dengan MRT, berarti orang gak perlu punya mobil, hemat bensin. Kalo banyak rakyat gak punya mobil, pemerintah gak usah pusing sama kenaikan harga minyak dunia dan MUI gak harus ngeluarin fatwa haram buat orang mampu yg gak mau beli Pertamax. Kalo ada MRT, orang gak perlu capek  nyetir atau dempet-dempetan kena macet 2 jam di jalan, sampai kantor dalam keadaan capek, kerja gak maksimal, produktivitas merosot, bikin kerugian buat perusahaan dan Indonesia. Dempet-dempetan tapi ada kepastian sampai tempat tujuan dalam 20 menit, pasti akan dijalanin orang Jakarta, lah dempet-dempetan kaya ikan asin dijemur selama 2 jam aja dijalanin (sudah pernah naik kereta Bogor pas jam kerja?).

Yg bikin ngiri berikutnya adalah tempat main anak alias playground gratis dan ada dimana-mana. Karena diajakin jalan-jalan sama Christine dan tunangannya (waktu itu), jadi sempat lihat deh. Pas lihat ini, langsung kepikiran kalo di Jakarta, harus bayar kalau mau main di playground. Karena kebanyakan mal, playgorund untuk anak-anak kebanyakan ada di mal dan harus bayar. Berapa? tergantung malnya dan jenis permainannya. Dari yg paling mahal di atas 100rb semacam KidZania, atau yg paling murah Rp 15rb/jam di Giant Bekasi. Intinya semua bayar. Mau gratis? ke KFC atau McD aja, beli makan seadanya dan anak-anak bisa main sepuasnya, tapi gak gratis juga namanya yah.

Atau ke RS kayak di Puri dan KMC, ada perosotannya. Terakhir ajak Viriya kesana harus susah payah ajak pulang dan akhirnya nangis kejer karena masih mau main perostoan (padahal sebelumnya dapat 2 suntikan imunisasi di paha dan cuma nangis seadanya). Psikolog bilang, anak-anak gak boleh kelamaan nonton TV atau main game, harus main keluar rumah, bersosialiasi, dan beraktivitas fisik, tapi kalo setiap kali mau main perosotan harus bayar, yah banyak orang tua yg akhirnya hanya setel TV dan senang karena anaknya anteng depan TV.

Saat ini fasilitas playground gratis hanya ada di komplek apartemen atau komplek perumahan mewah, mudah-mudahan ke depan, di setiap RT/RW bikin bisa bikin playground gratis untuk anak-anak. Gratis dan bebas asap rokok!

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: