My Journey, My Story, and My Dream

September 3, 2012

Yang Gak Terpakai

Filed under: Breastfeeding,Pregnancy,Viriya — ayacerita @ 1:42 pm

Postingan ini merupakan jawaban permintaan Anna, di postingan yang ini, yang minta dari sekian banyak belanja kebutuhan bayi, tapi akhirnya gak pakai. Saya mencoba share, tapi ini benar-benar berdasarkan pengalaman saya dengan Viriya, dengan tidak mempedulikan faktor bayi lain yg mungkin akan tetap memakai barang tersebut.

1. Selimut bayi, selimut topi, pokoknya selimut. Viriya yang kalau tidur gak bisa diam, gak betah kalau bobo pakai selimut, gak sampai 15 menit, itu selimut sudah pasti tidak akan berada di atas tubuhnya lagi, bisa di samping, di bawah, ditindihin, atau kalau lagi bersemangat bangat, sampai bisa disampirin di besi ranjangnya. Bahkan, ada 1 selimut yg dari pertama beli, dikeluarin dari bungkusnya, dicuci, disetrika, dan tidak pernah dipakai karena lihat selimut lain juga ditolak, jadinya selimut yg ini disimpan saja deh.

2. Jumper carter 5-in-1 yg ukuran 3-6 bulan, cuma kepakai 3, karena gak sempet pakainya dan kemudian tiba-tiba sudah gak muat aja gitu. Jadi, karena ukurannya yg kecil sementara baby tuh cepet bangat naik berat badannya, lebih baik sekalian beli yg ukutan 6-9 bulan deh.

3. Popok/cawat, jangan beli banyak-banyak, karena cuma dipakai 1 bulan, habis 1 bulan, langsung pakai celana pendek untuk sehari-hari.

4. Baby lotion/baby cream, gak kepakai karena saya tidak merasa tidak menemukan alasan kenapa Viriya harus pakai lotion/cream ini. Dan dari konsultasi dokter juga bilang yg sama, lotion/cream ini banyak yg menimbulkan alergi.

5. Stroller, bukannya gak kepake, tapi kayanya terakhir Viriya pakai itu pas umur 1 tahun. Sebelum-sebelumnya pun Viriya memang sudah gak suka pakai stroller. Kalau ke mall, dia lebih suka digendong, gak senang didorong. Kalau yg saya lihat sih, dia lebih suka jangkauan penglihatan yg lebih luas kalau digendong daripada kalau harus melihat dari stroller. Makanya kadang iri aja melihat foto-foto orangtua yg jalan sambil dorong-dorong anaknya di stroller, atau kalau pas capek di mal karena harus gendong si Viriya, terus ada orang tua lain yg asyik ngobrol atau shopping sementara anaknya tidur di stroller. Kalau Viriya, udah tidur sepulas apapun di gendongan, pas ditaro di stroller, doeeenng, matanya langsung melek dan nangis. Digendong lagi deh.

Yah itulah barang yg gak atau minim sekali pemakaiannya pas awal-awal Viriya bayi dulu. Sebaliknya barang-barang yg saya rasa diperlukan bangat, malah beli nambah. Seperti alas ompolnya Renata, sampai beli lagi karena memang berguna bangat. Tapi mamah saya juga membelikan saya alas ompol lebar dan menyerap air, bagus sih, tapi kalau Viriya ngompol dan yg basah cuma kain seukuran 30×45 cm, lebih mudah dicuci daripada sekali pipis, yg dicuci kain yg lebar bangat #tipsmengurangicuciannewborn.

Bola-bola kapas untuk membersihkan area sensitif pasca pipis/pup. Pertama kali beli yg sudah bulat-bulat sekantung, isinya sedikit dan cepat habis. Setelah itu, saya beli kapas kiloan gulungan, yg saya potong sendiri dan digulung-gulung sendiri, dapatnya lebih banyak, awet, dan harganya lebih murah.

Kain gendongan. Kalau yg gak biasa pakai kain tradisional atau kain cukin, lebih baik belajar dari sekarang, karena walau lihatnya kelihatan mudah, sebaliknya susah. Sampai sekarang, saya masih membutuhkan bantuan mamah atau mertua mengikatkan kain cukin kalau lagi mau gendong Viriya, ikat yg benar tentunya, karena kalau ikat asalan, saya juga bisa, dan akibatnya baru 10 menit gendong, kain melorot, ikat lagi, gendong lagi, dan begitu seterusnya.

Gendongan modern lias gendongan depan atau gendongan monyet (kenapa monyet yah?) dapat hadiah dari teman, saya gak pernah gendong pakai gendongan model ini, soalnya ini bagian Bronsen. Kelihatannya sih enak dan nyaman, tapi ada batas maksimal berat badan dimana gak sampai 10 bulan, gendongan ini sudah gak bisa dipakai.

Saya juga pakai babywrap gara-gara termakan iklan kalau gendong pakai babywrap ini bahu gak bakalan pegel dan baby gak kepanasan. Beli yg asli impor, mahal bouw, akhirnya beli yg lokal dgn banyaknya rekomendasi yg ada. Memang enak sih, bahu bener gak pegel, tapi makenya ribet, dan Viriya gak sabar lihat saya lilit-litin kainnya yg panjang benar. Masalah muncul pas kaki Viriya makin panjang dan saya tetap pendek, jadi untuk masukin dia ke lilitan kain, dibutuhkan upaya ekstra dan tangisan gak sabar, dan sudah susah-susah masukin ke kain gendongan ini, ternyata gak lama kemudian dia pipis atau pup.

Yah, itu aja dulu, nanti kalau ada perlengkapan lain yg kepikiran, saya akan update yah.

Btw, gak ada satupun perlengkapan menyusui dan sukses ASI yg tidak terpakai, jadi kalau kata pakar keuangan terkemuka, belanja perlengkapan menyusui adalah investasi tak ternilai harganya. Silakan nyicil dari sekarang yah. Botol ex UC saya yg jumlahnya lebih dari 100 botol, sudah saya jual ke teman yg baru melahirkan. Sekarang yg ada tinggal freezer aja yg pengennya dijual tapi gak ketemu-ketemu pembelinya.

5 Comments »

  1. Hallo mba, freezer udh kejual? Klo blm, brp harganya? Tks

    Comment by munawaroh pasaribu — October 4, 2012 @ 3:31 pm | Reply

  2. mb..udh kejual blum frezer nya..boleh tau brp mau dijual?

    Comment by desi novalina — February 7, 2013 @ 8:41 pm | Reply

    • Mba Desi,

      Sebenarnya belum terjual mba, tapi kemarin kena banjir jadi gak tahu kondisinya skrg gimana. jadi lebih baik gak dijual aja deh, takut yg beli kecewa.

      Comment by ayacerita — February 8, 2013 @ 6:57 pm | Reply

  3. jumper carternya 3-6 bulan ga dijual mbk??

    Comment by Indah — August 20, 2013 @ 8:13 am | Reply

    • haha udah lupa disimpan dimana Mba ^^

      Comment by ayacerita — September 3, 2013 @ 4:53 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: