My Journey, My Story, and My Dream

September 19, 2014

Viriya sekolah beneran

Filed under: Viriya — ayacerita @ 5:14 pm

Iyah, Viriya sekolah beneran. Kenapa saya bilang beneran? karena waktu di Gymboree berasa main-main aja dan hanya seminggu sekali. Sekarang sekolah TK, masuknya setiap hari Senin-Kamis, pakai seragam sekolah, pakai sepatu, bawa tas (walaupun isinya cuma kotak pensil, crayon, botol minum, dan bekal), dan masuk pagi jam 7.30.

2 bulan sebelum sekolah mulai, episode mencari sekolah dimulai lagi. Karena saya tinggal di perumahan baru, hanya ada TK Al Azhar dan 1 TK lagi yang ada di ruko. Waktu survey ke TK yang di ruko itu, eh kok gak gitu sreg yah. Jadilah mulai mencari TK-TK yang sudah berdiri lama saja.

Pilihan ada 3.

TK pertama. Sebuah TK di sekolah yayasan, punya gedung sendiri. Jadi bisa aja dari TK sampai SMA disana, seperti suami yang gak bosan-bosan di satu sekolah. Pas survey, eh kok, gak merasa ada yang spesial yah. 1 kelas ada 20an murid dan dipegang 2 guru. Sempat bertanya, apa bisa yang anak-anaknya kepegang dengan hanya 2 guru. Masuk Senin – Sabtu. Kesannya biasa aja deh. Pas tanya ada kegiatan outdoor atau tidak, hanya dijawab jalan-jalan pas akhir tahun saja. Kurang puas deh karena gak bisa nanya apa-apa juga, cuma dijawab dengan datar harga masuk sekolah.

TK ke dua. TK ini mengontrak di rumah, jaraknya hanya 200 meter dari TK pertama. Karena kami survey pas hari Sabtu dan ternyata disana libur, kami gak bisa masuk ke  dalam. Kesan pertama tidak begitu bangat deh. Depannya kotor, rumahnya seperti tidak terawat. Suami langsung tidak setuju.

Di hari biasa, saya menyempatkan lagi datang ke TK ke dua. Kesan kelasnya hmm kusam kerena karpetnya sudah bukan karpet baru, secara fisik memang ini TK meragukan deh hahaha.

Tapi kesan saya langsung berubah saat saya melihat-lihat buku pelajaran di TK A (saya datang kepagian, guru dan murid belum datang, tapi sekolah sudah dibuka oleh OB, jadi bisa numpang masuk lihat-lihat kelas). Saya buka Buku Penghubung, pas halaman yang saya buka ternyata ada pemberitahuan kunjungan ke Giant Supermarket. Apa saja yang harus dibawa murid, kumpul dimana dan jam berapa. Wah, saya langsung tertarik. Dulu saya pernah belanja di supermarket dan bertemu dengan sekelompok anak TK sedang berbelanja ditemani gurunya, ternyata mereka sedang program pengenalan uang dan belanja. Saat itu saya langsung kepengen anak saya juga mendapatkan pengalaman serupa. Makanya pas tahu ada kegiatan outdoor seperti ini saya langsung suka, terus ada juga kurikulum dalam setahun, daftar kegiatan outdoor, dsb.

Saat bertemu dengan petugas TU, dijelaskan tentang kegiatan outdoor ini, selain e supermarket juga ke Peternakan Chimory, Istana Negara, dan ada kunjungan rutin dokter gigi. Wah kok kayanya menarik yah.

TK ke tiga saya datangi langsung setelah TK ke dua. Secara fisik bangunan, walaupun sama-sama di rumah, ini sekolah kelihatan lebih terang dan bersih. Saat bertemu dengan petugas TU, saya menyampaikan maksud untuk mencari TK buat anak saya. TU nya langsung menjawab dengan daftar harga, “Disini, jika anak Ibu lulus dijamin sudah lancar baca dan tulis.” Tak hanya itu, dia langsung memanggil satu anak TK B yang diminta mendemonstrasikan kemampuan baca dan tulisnya.

Waduh, saya terkesan sih. Tapi saya cari TK buat Viriya bukan tujuannya lancar baca dan tulis, itu bonus. Saya cari sekolah yang Viriya bisa enjoy mengikuti kelasnya, bisa bermain, bernyanyi, menari, mewarnai, menggambar, berteman, dan kegiatan lain yang mendorong dia agar bisa bersosialisasi dan menikmati masa-masa kanaknya tanpa tuntutan bisa baca tulis. Terus disini juga ga ada kegiatan outdoor kecuali jalan-jalan akhir tahun ajaran.

Jadi, setelah berdiskusi dengan suami, walau secara fisik bangungan gak sreg, akhirnya kami memilih TK ke dua. Kami merasa kurikulum dan metode mengajarnya paling pas.

Mudah-mudahan Viriya senang sekolah di sini.

2 Comments »

  1. Haaa.. Viriya udah sekolah!!
    Time flies really fast yaa.. Perasaan baru lahir kemaren hahaa..

    Foto2nya donk Yen.. Eh btw beberapa sekolah bisa trial kan ya? Nggak pernah coba dulu, memaksimalkan trial2nya?😀

    Gw juga udah kepikiran mau mulai survey2 playgroup nih.. soalnya ga ada playgroup yang deket rumah, n gw bakalan galau dan plin plan kl disuruh milih gitu, jd biar ada waktu buat mikir hehe..

    Comment by xoxoanna — September 20, 2014 @ 9:11 am | Reply

    • Bisa aja trial, Viriya pernah kok trial, cuma malas aja kalau kebanyakan yah. Malah nanti makin bingung hehe.

      Mau masuk PG cepetan? gak kekecilan yah, kalo gw lebih senang Vir puasin main dulu deh baru sekolah beneran.

      Comment by ayacerita — October 2, 2014 @ 5:25 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

